Nurkholis, Nurkholis (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DRILL PADA POKOK BAHASAN OPERASI BILANGAN PECAHAN PESERTA DIDIK KELAS IV SEMESTER GASAL MI FALAHIYYAH ROWOSARI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/201. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (522kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (353kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (289kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah metode Drill dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi pokok bahasan operasi bilangan pecahan pada peserta didik kelas IV MI Falahiyyah Rowosari tahun 2015/2016? (2). bagaimanakah prestasi belajar matematika materi pokok bahasan operasi bilangan pecahan setelah menggunakan metode Drill pada peserta didik kelas IV semester Gasal MI Falahiyyah Rowosari tahun 2015/2016? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) pada peserta didik kelas IV MI Falahiyyah Rowosari Kota Semarang. Dari hasil observasi secara langsung di kelas IV melalui prasiklus penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran matematika yang belum mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah, dari data yang diperoleh tahun sebelumnya, nialai rata-rata kelas materi pokok operasi bilangan pecahan hanya 5,9 dengan ketuntasan individu 55% hasil ini masil dibawah nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sekolah yaitu sebesar 60,0. hal ini menunjukan bahwa peserta didik kelas IV MI Falahiyyah Rowosari masih sulit dalam mempelajari operasi bilangan pecahan . Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan menggunakan metode drill menciptakan suasana pembelajaran aktif serta pemberian soal-soal latihan yang bervariasi maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi aktif dan prestasi belajar meningkat. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap siklus I dan siklus II. Pada tahap siklus I dan II Terjadi peningkatan kemampuan kognitif siswa yang segnifikan dengan ditandai prosentase ketuntasan belajar klasikal 57,58% menjadi 87,88% dan ketuntasan rata-rata kelas 64,54 menjadi 73,33, hasil evaluasi tersebut, bila ditinjau dari keberhasilan penelitian pada siswa kelas 4 MI Falahiyyah telah berhasil dengan mengacu pada indikator keberhasilan yang ditetapkan ketuntasan individu 60,5 dengan ketuntasan klasikal sekurang-kurangnya 80 %.. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan prestasi belajar peserta didik yang segnifikan dalam mengikuti pembelajaran dengan penerapan metode drill
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 02:20 |
Last Modified: | 12 Jul 2017 02:20 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/850 |
Actions (login required)
View Item |