Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TENTANG MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN METODE PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS XI SMK KI AGENG JAGO WRINGINJAJAR MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2014/2015

MULYADI, MULYADI (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TENTANG MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN METODE PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS XI SMK KI AGENG JAGO WRINGINJAJAR MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (650kB) | Preview

Abstract

Dalam pendidikan agama di sekolah, peserta didik diharapkan tidak hanya mampu menjalankan ibadah dengan baik, tapi juga mampu membangun moral peserta didik. Oleh karena itu sistem pendidikan Islam haruslah senantiasa mengorientasikan diri untuk mampu menanamkan nilai-nilai ajaran agama Islam terhadap anak didiknya, lebih-lebih mampu untuk menjawab kebutuhan dan tantangan yang muncul dimasyarakat sesuai dengan perubahan dan perkembangan zaman. Berdasarkan pengamatan di lapangan pada bulan Desember 2014, proses pembelajaran di SMK Ki Ageng Jago Wringinjajar Mranggen Demak kurang meningkatkan kreativitas siswa. Dalam penyampaian materi, guru menggunakan metode ceramah, dimana siswa hanya duduk, mencatat, dan mendengarkan apa yang disampaikannya dan sedikit peluang bagi siswa untuk bertanya. Dengan demikian, suasana pembelajaran menjadi tidak kondusif sehingga siswa menjadi jenuh dan pasif, hal ini juga didukung denga dokumen daftar nilai semester peserta didik di SMK Ki Ageng Jago Wringin Jajar Mranggen Demak didapatkan bahwa masih banyak peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah KKM (75) terutama di kelas XI, dari jumlah peserta didik 28, hanya ada 11 (39,28%) peserta didik yang mendapatkan nilai pengetahuan PAI menecapai KKM, sedangkan yang 17 (60,71%) peserta didik mendapatkan nilai pengetahuan di bawah KKM. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan pemahaman Peserta didik tentang menjaga kelestarian lingkungan hidup pada mata pelajaran PAI dengan metode Project Based Learning Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas XI SMK Ki Ageng Jago Wringin Jajar Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa siklus yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Teknik analisis data menggunakan teknik observasi, kualikatif dan teknik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar PAI siswa melalui Metode Pembelajaran Project Based Learning di SMK Ki Ageng Jago Wringinjajar Mranggen Demak, yaitu adanya peningkatan motivasi belajar siswa berdasarkan perolehan jumlah skor dalam bentuk persentase dengan jumlah skor pada pra siklus ada 4 (14,28) siswa dari 28 sisiwa, pada siklus I menjadi 15 (53,57) siswa dari 28 siswa, dan pada siklus II ini ketuntasan belajar sudahv tercapai dengan adanya 24 (89,29) siswa dari 28 siswa yang telah mencapai KKM (75).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 12 Jul 2017 02:17
Last Modified: 12 Jul 2017 02:17
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/849

Actions (login required)

View Item View Item