Muhamad, Ashar Jazuli (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KALIGRAFI DENGAN BENAR PADA PESERTA DIDIK MTS AL-ISLAM GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (554kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Kemampuan Menulis Kaligrafi dengan Benar Pada Peserta Didik MTs Al-Islam Gunungpati Semarang. Penelitian ini bersifat kuantitatif, menggunakan sampel penelitian peserta didik MTs. Al- Islam Gunungpati Semarang yang berjumlah 40 peserta didik. Adapun penelitian ini menggunakan rumus Uji ‘t’ atau t- test. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Metode Pembelajaran Demonstrasi sebagai variabel bebas dan Kemampuan Menulis Kaligrafi sebagai variable terikat. Metode pengumpulan data menggunakan Tes, dan Dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis data awal, dan analisis tahap akhir. Hasil penelitian ini menggunakan analisis Uji Hipotesis (1) Setelah melakukan metode Demonstrasi (variabel X) dan menghubungkan dengan kemampuan menulis Kaligrafi pada sisiwa MTs Al-Islam Gunungpati Semarang yaitu dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Demonstrasi kuat pengaruhnya (baik), dengan rata-rata nilai yaitu 79 (2). Kemampuan menulis Kaligrafi siswa MTs Al-Islam Gunungpati Semarang yaitu dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis kaligrafi cukup baik, perlunya memperhatikan kaedah penulisan Kaligrafi supaya menjadi lebih baik lagi, dengan diperoleh ratarata nilai siswa yaitu 72 (3). Berdasarkan rumus yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Uji ‘t’ terhadap kemampuan menulis Kaligrafi peserta didik terdapat perbedaan yang signifikan dan ini menandakan bahwa metode Demonstrasi telah berhasil membantu meningkatkan kemampuan menulis kaligrafi, yang artinya nilai kemampuan siswa lebih baik di bandingkan sebelum menggunakan metode Demonstrasi . Dengan demikian nilai ‘t’ yang diperoleh yaitu sebessar 9,38 adalah jauh lebih besar dari pada ‘t ‘ tabel pada taraf signifikasi 5% ( 0,02) maupun ‘t ‘ pada taraf Signifikasi 1% (2,69) dan Hipotesis nihil ditolak Kata Kunci: Demonstrasi, Kaligrafi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 03:34 |
Last Modified: | 26 Dec 2019 03:34 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2140 |
Actions (login required)
View Item |