Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENERAPAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA (MATERI CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA) SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DARUSSALAM TLOGOBOYO BONANG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

SRI, INDARWATI (2019) PENERAPAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA (MATERI CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA) SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DARUSSALAM TLOGOBOYO BONANG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pendidikan sejatinya memerlukan inovasi-inovasi tertentu agar hasilnya lebih dapat memuaskan. Hal ini perlu dilakukan dengan menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) sebagaimana pada siswa Kelas VI di MadrasahIbtidaiyah (MI) Darussalam Tlogoboyo Bonang Demak. Penelitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas (PTK) dengan percobaan Prasiklus, Siklus I dan Siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah: (1) pengamatan (observasi); (2) tes; dan (3) dokumentasi. Adapun teknis analisis data menggunakan pendekatan deskriptifkuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu pertama,Proses pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi pokok ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan nya di kelas VI MI Darussalam Tlogoboyo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak Tahun pelajaran 2016/2017 dilakukan dengan guru membentuk kelompok kerja dimana setiap kelompok terdiri dari 3-4 siswa sehingga ada 6 kelompok, menerangkan materi dengan mengajak kelompok untuk melihat gambar, mempersilahkan setiap kelompok memberikan sebuah permasalahan mengenai penyesuaian diri hewan dan tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup kepada setiap kelompok, serta kesiapan lainnya. Kedua, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Dari penilaian hasil belajar pada pra siklus ada 11 siswa atau 44% mencapai ketuntasan, Pada siklus I mengalami kenaikan ketuntasan yaitu ada 18 siswa atau 72%, dan pada siklus II meningkat 23 siswa atau 92%. Begitu juga aktivitas siswa juga terjadi pada kategori baik dan baik sekali pada siklus I sebesar 12 siswa atau 48%, mengalami kenaikan pada siklus II yaitu ada 20 siswa atau 80%. Hasil yang telah dicapai sudah sesuai indikator yang ditentukan yaitu nilai ketuntasan dengan KKM 70 sebanyak 75% dan aktivitas belajar pada kategori baik dan baik sekali sebanyak 75% dari jumlah seluruh siswa Kata Kunci: Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 17 Oct 2019 03:11
Last Modified: 17 Oct 2019 03:34
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1773

Actions (login required)

View Item View Item