SHILVI, NURIYATI (2019) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS 1 MI MATSMAROTUL HUDA KARANGREJO BONANG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (677kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (454kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (777kB) | Preview |
Abstract
Kurang terlibatnya siswa dalam proses pembelajaran sehingga suasana kelas membosankan, baik bagi siswa maupun bagi guru. Saat siswa diberi kesempatan untuk bertanya dan berpendapat, sebagian besar siswa diam saja, menghindari kontak mata dengan guru, dan menunggu guru menunjuk salah satu dari mereka. Dengan menggunakan media gambar diharapkan siswa akan lebih mudah memhami konsep penjumlahan dan pengurangan, sehingga tercapai hasil belajar yang optimal. Dengan meningkatnya pemahaman siswa terhadap suatu konsep diharapkan terjadi peningkatan pula pada hasil belajar siswa Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa penerapan alat peraga media gambar dapat meningkatkan hasili belajar Matematika siswa kelas I MI Matsmarotul Huda Karangrejo Hal ini bisa dilihat dari peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang menunjukkan nilai rata-rata 62,61 pada prasiklus meningkat menjadi 66,96 pada siklus I, meningkat lagi menjadi 73,84 pada siklus II. Selain itu, penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan nilai ketuntasan belajar siswa. Dimana pada prasiklus nilai ketuntasan belajar siswa sebesar 39 % (9 siswa) meningkat menjadi 65 % (15 siswa) pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 96 % (22 siswa). dari penelitian ini telah diperoleh hasil sebagaimana hipotesa yang telah direncakan yaitu dengan penggunaan alat peraga media gambar dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas I MI Matsmarotul Huda Karangrejo. Kata Kunci: Media Gambar, Prestasi dan Motivasi, Matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 03:01 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 03:01 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1771 |
Actions (login required)
View Item |