KHOLIFAH, KHOLIFAH (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS II DI MI RUJCHANIYYAH, SUMBEREJO, MRANGGEN, DEMAK, TAHUN AJARAN: 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (528kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pengenalan bangun datar pada siswa kelas II di MI Rujchaniyyah, Sumberejo, (2)Untuk mengetahui apakah dengan menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran matematika pada materi bangun datar dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran guru dan aktivitas belajar siswa kelas II di MI Rujchaniyyah, Sumberejo, (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui penggunaan metode eksperimen mata pelajaran matematika pada materi mengenal bangun datar pada siswa kelas II di MI Rujchaniyyah, Sumberejo. Untuk mendapatkan data penelitian maka peneliti menggunakan metode test dan observasi dengan teknik menghitung rerata. Subyek penelitian adalah siswa kelas II yang memiliki siswa sebanyak 17 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode eksperimen pada materi bangun datar di kelas II MI Rujchaniyyah adalah sebagai berikut: langkah pertama guru dan siswa menyiapkan alat dan bahan yaitu: lidi, kertas, lem dan gunting.Selanjutnya guru membagikan lembar tugas kepada siswa dan menjelaskan tugas yang akan dilakukan, kemudian siswa diminta mendemonstrasikan hasil pekerjaan masing-masing. (2) Kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru pada setiap siklus mengalami peningkatan. Pada tahap prasiklus hanya 36%, pada tahap siklus I menjadi 71% dan siklus II menjadi 93%. Selain itu penggunaan metode eksperimen didalam proses pembelajaran ternyata memudahkan dan memotivasi siswa, pada tahap prasiklus hanya 23%, pada tahap siklus I menjadi 62% dan siklus II menjadi 92%. (3) Penerapan metode eksperimen tepat digunakan pada mata pelajaran matematika kelas II, materi bangun datar di MI Rujchaniyyah, terlihat dari prsentase ketuntasan belajar pada tahap prasiklus sebesar 53%, siklus I sebesar 76%, dan pada tahap siklus II sebesar 100%. Hal tersebut membuktikan pada setiap siklus terjadi peningkatan yang signifikan. Kata Kunci: Hasil Belajar, Materi Bangun Datar, Metode Eksperimen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 11 Oct 2019 02:20 |
Last Modified: | 11 Oct 2019 02:20 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1751 |
Actions (login required)
View Item |