DEWI, MASLIHAH (2019) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI POKOK BAHASAN SHALAT FARDHU MELALUI METODE DEMONTRASI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 01 KAWAK KECAMATAN PAKIS AJI KABUPATEN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (805kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran shalat fardhu tidak cukup hanya dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah saja. Karena pembelajaran tentang shalat memiliki karakteristik yang lengkap: mengetahui, memahami, membina, membimbing, mengajari, mendidik dan mengamalkan. Sehingga dalam pembelajarannya dibutuhkan metode yang tepat seperti metode demonstrasi dimana materi disampaikan melalui ceramah sekaligus diperagakan cara melaksanakannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran shalat fardhu di kelas III SD Negeri 01 Kawak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara. 2) Adakah peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 01 Kawak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara dalam pembelajaran shalat fardhu dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus yang pada setiap siklus dengan tindakan berupa perencanaan (planing), tindakan (action), pengamatan (observation), refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: 1) Metode demonstrasi digunakan dalam pembelajaran PAI tentang shalat fardhu di kelas III SD Negeri 01 Kawak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi dan tindak lanjut. Tahap perencanaan berkaitan dengan persiapan langkah-langkah dan alat yang dibutuhkan, tahap pelaksanaan adalah kegiatan demonstrasi yang dilakukan oleh guru sebagai demonstran sedangkan tahap evaluasi dan tindak lanjut adalah kegiatan praktik sebagai pengukuran kemampuan siswa dan langkah tindak lanjut terhadap hasil demonstrasi. 2) Ada peningkatan hasil belajar PAI dengan menggunakan metode demonstrasi pada pokok bahasan shalat fardhu di kelas III SD Negeri 01 Kawak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan gerakan shalat pada setiap siklusnya, yaitu pada tahap pra siklus nilai rata-rata siswa hanya 63,83, pada siklus I meningkat menadi 80,16 dan meningkat menjadi 87,03 pada siklus II. Demikian pula dengan prosentase ketuntasan pada pra siklus sebesar 24% meningkat menjadi 58 % di siklus II dan Meningkat lagi menjadi 93 %. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi shalat fardhu dapat diterima kebenarannya Kata Kunci : Hasil Belajar, Shalat Fardhu, Metode Demonstrasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 02 Oct 2019 02:32 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 02:32 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1674 |
Actions (login required)
View Item |