Muhammad, Fauzi (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA ORTODOKS MELALUI AKTIVITAS PERMAINAN BOLA PASIR PADA SISWA KELAS XI MA IBROHIMIYYAH MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
1. COVER.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (171kB) | Preview |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
||
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
||
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
||
|
Text
6. BAB V.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar siswa masih rendah, kurangnya minat dan motivasi siswa rendah, metode pembelajaran yang kurang menarik. Rumusan masalah pada penelitian ini. Adakah Upaya peningkatan hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks melalui aktifitas permainan bola pasir pada siswa kelas XI MA Ibrohimiyyah Mranggen Kabupaten Demak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkat an hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks pada siswa kelas XI MA Ibrohimiyyah Mranggen Kabupaten Demak tahun 2017/2018 melalui pendekatan bermainan bola pasir. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di MA Ibrohimiyyah Mranggen Kabupaten Demak, dengan subyek penelitian kelas XI dengan jumlah 24 siswa, 10 anak putra dan 14 anak putri. Obyek penelitian adalah olahraga cabang atletik yaitu tolak peluru. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi motivasi belajar siswa, angket respon siswa dan tes praktek. Penelitian dikatakan berhasil jika siswa mencapai ketuntasan dan hasil belajar sebesar 75. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran tolak peluru dengan pendekatan aktifitas bermain bola pasir pada siswa kelas XI MA Ibrohimiyyah Mranggen Kabupaten Demak. Hasil belajar siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan dari pembelajaran sebelum siklus ke siklus 1 dan siklus II. Pada pembelajaran sebelum siklus rata-rata nilai 71,33 atau 25% tuntas meningkat pada siklus 1 rata-rata nilai yaitu sebesar 81,26 atau 75% tuntas, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86,66 atau 100 % siswa tuntas. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran tolak peluru menggunakan media bermain bola pasir dengan memasukkan bola pasir kelubang ban yang digantung dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI MA Ibrohimiyyah Mranggen. Dari simpulan diatas maka penulis menyarankan: 1).guru dapat melakukan penelitian tindakan kelas dan menggunakan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan u ntuk meningkatkan hasil belajar, sehingga efektifitas kegiatan pembelajaran dapat tercapai, berjalan dengan aman dan menyenangkan Kata kunci : Hasil belajar, Tolak sasaran, Tolak peluru, Bola pasir
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 07 Jan 2019 06:05 |
Last Modified: | 07 Jan 2019 06:05 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1415 |
Actions (login required)
View Item |