M Alfian, Syahputra (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN PENDIDIKAN JASMANI DENGAN METODE PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 WELERI TAHUN 2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (203kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk menuntun, mengarahkan, dan membelajarkan siswa yang tadinya tidak bisa menjadi bisa, yang tadinya kurang terampil menjadi terampil. Metode pembelajaran menggunakan model team game tournament (TGT) tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Weleri dengan jumlah 30 siswa, Terdapat dua siklus dalam penelitian ini yaitu kegiatan penelitian dinyatakan berhasil jika skor rata-rata hasil belajar siswa mencapai 75 atau dalam kategori baik. Nilai atau angka 75 berada di atas KKM (7,5), sehingga ketuntasan dan keberhasilan siswa dapat diketahui dari pencapaian tersebut. Berdasarkan hasil penelitian bahwa peningkatan hasil kemampuan guling depan melalui model pembelajaran team game tournament (TGT) pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Weleri ditandaidenganpeningkatannilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata siswa pada kegiatan pretest/pratindakan sebesar 43,75%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu sebesar 63,33%. Namun, peningkatan tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Kemudian setelah melanjutkan kesiklus II nilai rata-rata kemampuan guling depan siswa kembali mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan sebesar 86,67%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran team game tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar guling depan dalam pembelajaran penjas pada siswa kelas VII A di SMP Negeri 2 Weleri tahun 2018. Hasil kesimpulan dalam penelitian ini peneliti dapat memberikan saran yaitu, Guru dapat memilih metode pembelajaran team game tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar guling depan. Kata Kunci:Team Game Tournament (TGT), Guling Depan, Pendidikan Jasmani
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 07 Jan 2019 02:48 |
Last Modified: | 07 Jan 2019 02:48 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1406 |
Actions (login required)
View Item |