Wahid Hasyim University | Digital Repository

STUDI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs. HIDAYATUL MUBTADIIN LODAN SARANG REMBANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SYAFAUL, A’LA (2017) STUDI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs. HIDAYATUL MUBTADIIN LODAN SARANG REMBANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru-guru PAI di MTs. Hidayatul Mubtadiin Lodan Sarang Rembang Tahun pelajaran 2016/2017. memiliki kompetensi antara lain; a). kompetensi pedagogik, yakni memiliki pemahaman terhadap peserta didik, mampu menyusun dan melaksanakan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya., b). aspek kompetensi personal bahwa guru PAI di MTs. Hidayatul Mubtadiin memiliki struktur kepribadian dewasa yang mantap, susila, dinamik (reflektif serta berupaya untuk maju), dan bertanggung jawab. Hal ini terlihat dari perilaku keseharian yang menunjukkan sikap penuh kedewasaan dan jiwa membimbing dan memberikan teladan. c). kompetensi sosial; Guru mampu memfungsikan dirinya sebagai makhluk sosial di masyarakat dan lingkungannya sehingga mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan wali peserta didik, serta masyarakat sekitar. Dan d). kompetensi professional, guru mampu melaksanakan tugas-tugas profesinya sebagai guru, baik aspek penguasaan bahan pelajaran, penyusunan rencana pembelajaran, hingga pelaksanaan penilaian pembelajaran. Kompetensi profesional guru dalam evaluasi pembelajaran PAI di MTs. Hidayatul Mubtadiin Lodan Sarang Rembang Tahun pelajaran 2016/2017, dapat disimpuilkan bahwa guru-guru PAI di MTs. Hidayatul Mubtadiin sangat berkompeten dalam evaluasi pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dalam kompetensinya pada aspek; penyusunan perencanaan evaluasi pembelajaran, dalam penyusunan soal tes, dalam pengolahan dan analisis hasil evaluasi, dan dalam memberikan interpretasi dan tindak lanjut evaluasi pembelajaran PAI. Adapun faktor yang mempengaruhi kompetensi profesional guru dalam Evaluasi pembelajaran PAI di MTs. Hidayatul Mubtadiin Lodan Sarang Rembang Tahun pelajaran 2016/2017, antara lain; Faktor pendukung yang meliputi; terpenuhinya semua komponen yang secara teoritis menunjang tercapainya evaluasi pembelajaran mata pelajaran rumpun PAI di MTs. Hidayatul Mubtadiin, minat dan semangat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sangat tinggi, persiapan pembelajaran yang dilakukan guru, lingkungan yang kondusif, dan adanya dukungan penuh dari warga madrasah, pemerintah dan masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi; kurangnya fasilitas pendukung berupa buku-buku PAI, sehingga dalam pengembangan pengetahuan siswa sangat tebatas, guru merasa kesulitan, hal ini dikarenakan beberapa faktor seperti alokasi waktu yang terbatas sedangkan jumlah siswa sangat banyak selain itu seringkali terdapat beberapa siswa yang tidak memahami pentingnya evaluasi, dan adanya sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Aug 2018 08:03
Last Modified: 20 Aug 2018 08:03
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1277

Actions (login required)

View Item View Item