Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI ZAKAT KELAS VIII A MTS TAQWIYATUL WATHON SUMBEREJO MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

NISWATUL, ‘ULYA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI ZAKAT KELAS VIII A MTS TAQWIYATUL WATHON SUMBEREJO MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (725kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang digunakan dalam meningkatkan prestasi belajar Fiqih pada siswa kelas VIII A MTs Taqwiyatul Wathon Sumberejo Mranggen Demak tahun pelajaran 2017/2018 dan untuk mengetahui peningkatan prestasi siswa pada mata pelajaran Fiqih dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas VIII A MTs Taqwiyatul Wathon Sumberejo Mranggen Demak tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan merupakan suatu proses yang memberikan kepercayaan kepada pengembangan kekuatan reflektif, diskusi, dan berpikir. Adapun pengumpulan datanya dengan cara: tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII A MTs Taqwiyatul Wathon Sumberejo Mranggen Demak tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian terdiri atas dua siklus, setiap siklus meliputi langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran Fiqih dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar fiqih pada peserta didik kelas VIII A MTs Taqwiyatul Wathon Sumberejo Mranggen Demak tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini terbukti pada prasiklus dengan KKM 70 nilai rata-rata mencapai 59,41 sedangkan prosentase ketuntasan belajar 26,47 %. Pada siklus I sudah ada peningkatan prestasi belajar nilai rata-rata post test mencapai 73,68 dengan prosentase ketuntasan belajar mencapai 58,82%. dan pada siklus II meningkat, nilai rata-rata 77,94 dengan prosentase ketuntasan belajar 88,23%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Aug 2018 07:12
Last Modified: 20 Aug 2018 07:12
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1258

Actions (login required)

View Item View Item