Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI NURUL BURHAN CARUBAN KANDANGAN TEMANGGUNG TAHUN 2016/2017

SITI, NUR AFIFAH (2018) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI NURUL BURHAN CARUBAN KANDANGAN TEMANGGUNG TAHUN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh siswa untuk membangun gagasan atau pemahaman sendiri dalam melakukan aktivitas tertentu. Perolehan nilai rata-rata (Ilmu Pengetahuan Alam) IPA kelas IV MI Nurul Burhan Caruban Desa Caruban, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, masih dibawah KKM. Nilai-nilai tersebut diperoleh karena siswa merasa kesulitan untuk menerima dan memahami materi pelajaran (Ilmu Pengetahuan Alam) IPA. Keadaan tersebut dikarenakan minimnya sarana dan prasarana serta model mengajar guru yang menggunakan metode secara monoton sehingga membosankan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk:(1) mendiskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), pada siswa kelas IV mata pelajaran (Ilmu Pengetahuan Alam) IPA di MI Nurul Burhan Caruban. (2) mengetahui peningkatan prestasi belajar (Ilmu Pengetahuan Alam) IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV MI Nurul Burhan Caruban. Metode penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). metode PTK ini meliputi beberapa tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Proses penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dan 1 pra siklus. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah meningkatnya prestasi belajar materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya serta tugasnya yang dilihat dari adanya peningkatan nilai tes siswa dan aktivitas belajar siswa. Siswa dikatakan tuntas jika siswa mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 70. Kegiatan siklus berhasil jika siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 85% dari jumlah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar yang signifikan. Hal ini diketahui dari data kegiatan siklus I keaktifan belajar siswa sebesar 47,7 %, sedangkan siklus II meningkat sebesar 68 %. Hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal, yaitu dari data awal atau pra siklus sebesar 55%, pada siklus I sebesar 60%, dan pada siklus II meningkat sebesar 85%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran tipe STAD sangat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 15 Aug 2018 08:18
Last Modified: 15 Aug 2018 08:18
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1208

Actions (login required)

View Item View Item