Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DRILL PADA POKOK BAHASAN OPERASI BILANGAN PECAHAN PESERTA DIDIK KELAS IV SEMESTER GASAL MI FALAHIYYAH ROWOSARI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/201

Nurkholis, Nurkholis (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DRILL PADA POKOK BAHASAN OPERASI BILANGAN PECAHAN PESERTA DIDIK KELAS IV SEMESTER GASAL MI FALAHIYYAH ROWOSARI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/201. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah metode Drill dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi pokok bahasan operasi bilangan pecahan pada peserta didik kelas IV MI Falahiyyah Rowosari tahun 2015/2016? (2). bagaimanakah prestasi belajar matematika materi pokok bahasan operasi bilangan pecahan setelah menggunakan metode Drill pada peserta didik kelas IV semester Gasal MI Falahiyyah Rowosari tahun 2015/2016? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) pada peserta didik kelas IV MI Falahiyyah Rowosari Kota Semarang. Dari hasil observasi secara langsung di kelas IV melalui prasiklus penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran matematika yang belum mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah, dari data yang diperoleh tahun sebelumnya, nialai rata-rata kelas materi pokok operasi bilangan pecahan hanya 5,9 dengan ketuntasan individu 55% hasil ini masil dibawah nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sekolah yaitu sebesar 60,0. hal ini menunjukan bahwa peserta didik kelas IV MI Falahiyyah Rowosari masih sulit dalam mempelajari operasi bilangan pecahan . Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan menggunakan metode drill menciptakan suasana pembelajaran aktif serta pemberian soal-soal latihan yang bervariasi maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi aktif dan prestasi belajar meningkat. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap siklus I dan siklus II. Pada tahap siklus I dan II Terjadi peningkatan kemampuan kognitif siswa yang segnifikan dengan ditandai prosentase ketuntasan belajar klasikal 57,58% menjadi 87,88% dan ketuntasan rata-rata kelas 64,54 menjadi 73,33, hasil evaluasi tersebut, bila ditinjau dari keberhasilan penelitian pada siswa kelas 4 MI Falahiyyah telah berhasil dengan mengacu pada indikator keberhasilan yang ditetapkan ketuntasan individu 60,5 dengan ketuntasan klasikal sekurang-kurangnya 80 %.. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan prestasi belajar peserta didik yang segnifikan dalam mengikuti pembelajaran dengan penerapan metode drill

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 12 Jul 2017 02:20
Last Modified: 12 Jul 2017 02:20
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/850

Actions (login required)

View Item View Item