ZAIN, MIFTAH HAIDAR (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLA VOLI MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS XI MA NU NAHDLATUL FATA PETEKEYAN TAHUNAN JEPARA TAHUN 2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (235kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (285kB) | Preview |
Abstract
Proses belajar mengajar Pendidikan Jasmani dan kesehatan (Penjaskes) yang ada di MA. NU Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara belum menunjukkan metode yang bermuara pada hasil belajar yang nyata atau konkret, sehingga banyak siswa yang terlihat bosan dan kurang bersemangat dalam pembelajaran bola voli tersebut. Oleh karena itu kiranya metode drill bisa dijadikan salah satu solusi dalam metode pembelajaran Penjaskes untuk memberikan variasi metode. Metode drill adalah kombinasi metode pembelajaran yang menekankan pada segi latihan fisik dan umpan balik. Desain penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau sering disebut dengan Clasroom Action Research (CAR) dengan jenis kolaboratif partisipatoris yaitu partisipasi antara guru, peneliti, dan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan terhadap proses pembelajaran Penjasorkes di MA. NU Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara Tahun 2018. Upaya peningkatan hasil belajar servis atas bola voli melalui implemantasi metode drill pada siswa kelas XI MA NU Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara Tahun 2018. Dalam praktik individual aktivitas siswa sangat baik, mendapat nilai rata rata 86 dengan persentase 62 % artinya dalam praktik individual dengan baik mengikuti teknik yang diberikan oleh guru. Dari hasil observasi dalam pembelajaran pada Siklus II bahwa pada aktivitas siswa dalam pembelajaran berkategori baik dengan persentase 82 %. Hal ini menunjukkan bahwa pada Siklus II ini terjadi peningkatan pada aktivitas siswa bila dibandingkan dengan siklus I yaitu hanya 56% berkategori cukup baik, dan Siklus II 82% berkategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada Siklus II ketuntasan belajar klasikalnya mencapai 100 %, hasil belajar ini sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan, karena berdasarkan belajar tuntas hasil belajar siswa dengan ketuntasan belajar klasikal > 80% Kata Kunci : Metode Drill, Servis Atas Bola Voli, dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 09 Jan 2019 07:50 |
Last Modified: | 09 Jan 2019 07:50 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1433 |
Actions (login required)
View Item |