Ulil Albab, Ulil Albab (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INTRUCTION MENGGUNAKAN PECHING BOX TERHADAP HASIL BELAJAR TENDANGAN DEPAN PENCAK SILAT PADA SISWA KELAS XI MA SALAFIYAH WONOYOSO KEBUMEN TAHUN 2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (724kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (233kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pencak silat adalah permainan (keahlian) dalam mempertahankan diri dangan kepandaian menangkis, menyerang, dan membela diri, baik dengan senjata atau tanpa senjata. Minat belajar siswa di MA Salafiyah Wonoyoso Kebumen mengenai materi pembelajaran pencak silat kurang.Hal tersebut dikarenakan mata pelajaran olahraga beladiri pencak silat yang dalam penerapannya selalu menggunakan metode ceramah setiap kali dalam proses pembelajaran, hal ini menyebabkan kurang mengembangkan kemampuan belajar dan membangun individu sehingga kemampuan belajar turun. Model pembelajaran yang dicobakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Direct Intruction menggunakan Peching Box.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarpengaruh model pembelajaran Direct Intruction menggunakan Peching Box terhadap hasil belajar tendangan depan pencak silat pada siswa kelas XI MA Salafiyah Wonoyoso Kebumen Tahun 2017. Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain penelitianone group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa putra kelas XI MA Salafiyah Wonoyoso Kebumen. Pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.Kelas XI A putera merupakan kelas yang dijadikan kelas eksperimensebanyak 28siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan keterampilan teknik tendangan depan pencak silat.Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian sebagai berikut, hasil uji-t memperoleh nilai t hitung > ttabel (14,633> 2,05) pada taraf signifikan 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Apabila dilihat dari angka mean difference sebesar 2,82, hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Direct Intruction menggunakan Peching Boxmemberikan perubahan terhadap hasil tendangan depan pencak silat yakni lebih banyak 2,82 dibandingkan sebelum diberikan pembelajaran dengan besarnya peningkatan 90,67 %. Model pembelajaran Direct Intruction menggunakan Peching Boxpengaruh terhadap hasil belajar tendangan depan pencak silat. Kesimpulan dari hasil penelitian, bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Direct Intruction menggunakan Peching Boxterhadapbelajar tendangan depan dengan presentase sebesar 90,67%. Untuk itu model pembelajaran Direct Intruction menggunakan Peching Boxberpengaruh dan perlu diterapkan agar hasil belajar tendangan depan pencak silat lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Jun 2017 03:36 |
Last Modified: | 20 Jun 2017 03:36 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/832 |
Actions (login required)
View Item |