Istikanah, Istikanah (2017) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI SISWA BAB THAHARAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAIRS CHECK PADA BIDANG STUDI FIQIH KELAS VII MTs AR-ROSYIDIN PANCURANMAS, KECAMATAN SECANG, KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (507kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah Pemahaman materi pelajaran itu sangat penting agar berhasil dalam pembelajaran, terutama pada pembelajran fiqih dimana pada materi ini sebagai bimbingan untuk mengetahui syariat-syariat islam. Dalam mata pelajaran ini, siswa selain diharapkan menjadi paham, juga harus dapat mengamalkan syariat tersebut. Untuk itu guru harus memilih metode yang tepat. Metode Pairs Check penting untuk diterapkan pada materi fiqih seperti materi thaharah yang membutuhkan banyak praktek. Jika murid hanya diberikan ceramah tanpa dilatih dan dibiasakan untuk praktek, maka pemahaman dan hasil belajar siswa tentang itu kurang mendalam. Berdasarkan latar belakang diatas, penulis merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan metode pairs check dalam pembelajaran fiqih kelas VII MTs. Ar-Rosyidin, Pancuranmas, Kecamatan Secang Kabupaten Magelang, tahun pelajaran 2016/2017? (2) Apakah penerapan strategi pembelajaran dengan metode Pairs Check dapat meningkatkan prestasi mata pelajaran fiqih siswa kelas VII MTs.ar-Rosyidin, Pancuranmas, Kecamatan Secang Kabupaten Magelang, tahun pelajaran 2016/2017? Untuk menjawab pertanyaan diatas, jenis penelitian yang digunakan adalah Metode penelitian yang ada digunakan untuk memecahkan masalah di atas adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun PTK yang digunakan adalah PTK model Kurt Lewin menjelaskan bahwa ada empat hal yang harus dilakukan dalam proses penelitian tindakan kelas yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa (1) Metode Pairs check dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran fiqih pokok bahasan thaharah (2) Pembelajaran dengan menggunakan metode pairs check juga dapat meningkatkan prestasi fiqih pokok bahasan thaharah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 18 May 2017 04:15 |
Last Modified: | 24 May 2017 05:00 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/708 |
Actions (login required)
View Item |