Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI SISWA BAB THAHARAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAIRS CHECK PADA BIDANG STUDI FIQIH KELAS VII MTs AR-ROSYIDIN PANCURANMAS, KECAMATAN SECANG, KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

Istikanah, Istikanah (2017) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI SISWA BAB THAHARAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAIRS CHECK PADA BIDANG STUDI FIQIH KELAS VII MTs AR-ROSYIDIN PANCURANMAS, KECAMATAN SECANG, KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Pemahaman materi pelajaran itu sangat penting agar berhasil dalam pembelajaran, terutama pada pembelajran fiqih dimana pada materi ini sebagai bimbingan untuk mengetahui syariat-syariat islam. Dalam mata pelajaran ini, siswa selain diharapkan menjadi paham, juga harus dapat mengamalkan syariat tersebut. Untuk itu guru harus memilih metode yang tepat. Metode Pairs Check penting untuk diterapkan pada materi fiqih seperti materi thaharah yang membutuhkan banyak praktek. Jika murid hanya diberikan ceramah tanpa dilatih dan dibiasakan untuk praktek, maka pemahaman dan hasil belajar siswa tentang itu kurang mendalam. Berdasarkan latar belakang diatas, penulis merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan metode pairs check dalam pembelajaran fiqih kelas VII MTs. Ar-Rosyidin, Pancuranmas, Kecamatan Secang Kabupaten Magelang, tahun pelajaran 2016/2017? (2) Apakah penerapan strategi pembelajaran dengan metode Pairs Check dapat meningkatkan prestasi mata pelajaran fiqih siswa kelas VII MTs.ar-Rosyidin, Pancuranmas, Kecamatan Secang Kabupaten Magelang, tahun pelajaran 2016/2017? Untuk menjawab pertanyaan diatas, jenis penelitian yang digunakan adalah Metode penelitian yang ada digunakan untuk memecahkan masalah di atas adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun PTK yang digunakan adalah PTK model Kurt Lewin menjelaskan bahwa ada empat hal yang harus dilakukan dalam proses penelitian tindakan kelas yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa (1) Metode Pairs check dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran fiqih pokok bahasan thaharah (2) Pembelajaran dengan menggunakan metode pairs check juga dapat meningkatkan prestasi fiqih pokok bahasan thaharah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 18 May 2017 04:15
Last Modified: 24 May 2017 05:00
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/708

Actions (login required)

View Item View Item