Wahid Hasyim University | Digital Repository

PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MEMBANGUN BUDAYA MEMBACA PESERTA DIDIK DI MI MIFTAHUS SHIBYAN WELAHAN JEPARA 2018/2019

Siti, Munasiroh (2019) PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MEMBANGUN BUDAYA MEMBACA PESERTA DIDIK DI MI MIFTAHUS SHIBYAN WELAHAN JEPARA 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (428kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Keterampilan membaca merupakan pondasi untuk mempelajari berbagai ilmu, dengan membaca peserta didik dapat menyerap pengetahuan dan mengeksplorasi yang bermanfaat bagi kehidupannya. Membaca memberikan pengaruh budaya yang sangat kuat terhadap perkembangan literasi. Sayangnya, sampai saat ini prestasi literasi membaca peserta didik di Indonesia masih sangat rendah. Program yang dapat diterapkan adalah Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Gerakan literasi sekolah ini merupakan terobosan penting dalam upaya menjadikan madrasah sebagai organisasi pembelajar yang warganya literat dan memperkuat gerakan budi pekerti dimana kegiatan yang dapat dilakukan adalah membaca buku non pelajaran selama 15 menit sebelum jam pembelajaran dimulai. Fokus penelitian di skripsi diantaranya (1) pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), (2) dampak pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), (3) faktor pendukung dan penghambat dalam membangun budaya membaca pada peserta didik. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kulitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisinya, menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 pembahasan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di MI Miftahus Shibyan Welahan Jepara, yaitu (1) pelaksanaan terdapat tiga bentuk implementasi, yaitu: pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. (2) dampak dari pelaksanaan terdapat dampak positif dan dampak negatifnya (3) faktor pendukung dan faktor penghambat, dari faktor pendukung terdapat empat komponen yaitu: sarana prasarana, lingkungan sekolah, dukungan orang tua dan motivasi guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor kecerdasan, tidak berkembangnya minat baca, guru yang sibuk dan media sosial. Kata Kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Budaya Membaca

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 03 Jan 2020 07:15
Last Modified: 03 Jan 2020 07:15
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2217

Actions (login required)

View Item View Item