Siti, Munasiroh (2019) PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MEMBANGUN BUDAYA MEMBACA PESERTA DIDIK DI MI MIFTAHUS SHIBYAN WELAHAN JEPARA 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (428kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Keterampilan membaca merupakan pondasi untuk mempelajari berbagai ilmu, dengan membaca peserta didik dapat menyerap pengetahuan dan mengeksplorasi yang bermanfaat bagi kehidupannya. Membaca memberikan pengaruh budaya yang sangat kuat terhadap perkembangan literasi. Sayangnya, sampai saat ini prestasi literasi membaca peserta didik di Indonesia masih sangat rendah. Program yang dapat diterapkan adalah Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Gerakan literasi sekolah ini merupakan terobosan penting dalam upaya menjadikan madrasah sebagai organisasi pembelajar yang warganya literat dan memperkuat gerakan budi pekerti dimana kegiatan yang dapat dilakukan adalah membaca buku non pelajaran selama 15 menit sebelum jam pembelajaran dimulai. Fokus penelitian di skripsi diantaranya (1) pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), (2) dampak pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), (3) faktor pendukung dan penghambat dalam membangun budaya membaca pada peserta didik. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kulitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisinya, menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 pembahasan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di MI Miftahus Shibyan Welahan Jepara, yaitu (1) pelaksanaan terdapat tiga bentuk implementasi, yaitu: pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. (2) dampak dari pelaksanaan terdapat dampak positif dan dampak negatifnya (3) faktor pendukung dan faktor penghambat, dari faktor pendukung terdapat empat komponen yaitu: sarana prasarana, lingkungan sekolah, dukungan orang tua dan motivasi guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor kecerdasan, tidak berkembangnya minat baca, guru yang sibuk dan media sosial. Kata Kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Budaya Membaca
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 03 Jan 2020 07:15 |
Last Modified: | 03 Jan 2020 07:15 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2217 |
Actions (login required)
View Item |