Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF GALLERY WALK DI KELAS III MI MABDAUL HUDA KEDUNGKARANG WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

AHMAD, BAIHAQI (2019) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF GALLERY WALK DI KELAS III MI MABDAUL HUDA KEDUNGKARANG WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Gallery Walk dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPA materi ciri-ciri makhluk hidup melalui pembelajaran kooperatif Gallery Walk di kelas III MI Mabdaul Huda Kedungkarang Wedung Demak Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observassi, dan tes evaluasi. penelitian tindakan kelas ini dirancang 2 (dua) siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus ada 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik ketuntasan belajar 65 dan rata-rata kelas 65. Pada Siklus I dilaksanakan satu pertemuan dan Siklus II dilaksanakan dengan satu pertemuan. Pada tahap siklus I setelah dilaksanakan tindakan nilai hasil belajar secara individu 72,50%, nilai hasil belajar secara klasikal 52,78%, nilai rata-rata hasil tes tertulis 72,50. Kemudian pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan, nilai peserta didik secara individual 82,22%, nilai peserta didik secara klasikal 86,11 %, nilai rata-rata hasil tes tertulis 82,22. dengan ketuntasan minimal individu dan klasikal 65%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Pembelajaran Kooperatif Gallery Walk dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran IPA materi ciri-ciri makhluk hidup melalui Pembelajaran Kooperatif Gallery Walk di kelas III MI Mabdaul Huda Kedungkarang Wedung Demak Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Meningkatkan Aktivitas, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Kooperatif Gallery Walk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 02 Jan 2020 06:30
Last Modified: 02 Jan 2020 06:30
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2193

Actions (login required)

View Item View Item