Wahid Hasyim University | Digital Repository

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNARUNGU DI SMPLB SWADAYA KENDAL

Ulik, fathul Hasanah (2019) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNARUNGU DI SMPLB SWADAYA KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tentang Pelaksanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunarungu Di SMPLB Swadaya Kendal seperti diantaranya: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunarungu Di SMPLB Swadaya Kendal (2) Untuk mengetahui kendala dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunarungu Di SMPLB Swadaya Kendal (3) Untuk mengetahui solusi dalam mengatasi kendala-kendala Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunarungu Di SMPLB Swadaya Kendal. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) melalui pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang penerapan program shalat dzuhur berjama‟ah dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa MTs NU 07 patebon kendal. Data penlitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data selama sebelum dan selama di lapangan. Adapun teknik analisis data selama di lapangan adalah reduksi data (data reduction), paparan data (data display) dan penarikan kesimpulan verifikasi (conclusion drawing/verifying). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunarungu Di SMPLB Swadaya Kendal pembelajarannya di kelas dalam penyampaian materinya menggunakan metode isyarat. Dan pada mata pelajaran pendidikan Agama islam sering adanya kegiatan praktek yang dilakukan pada siswa dalam penilaian pelajaran terutama pada mata pelajaran fiqih seperti sholat dan wudlu. Dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak tunarungu juga banyak mengalami kendalakendala dalam pmbelajarannya. Dalam berbagai kendala tersebut juga ada banyak solusi untuk mengatasinya. Pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat memberikan dampak positif terhadap belajar siswa dan memberikan banyak pengetahuan kepada siswa yang terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci : Pelaksanaan Pembelajaran, Pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 30 Dec 2019 04:17
Last Modified: 30 Dec 2019 04:17
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2181

Actions (login required)

View Item View Item