Suliyati, Suliyati (2019) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) PADA SISWA KELAS V MI MABDAUL HUDA KEDUNG KARANG WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (875kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (884kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (832kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (701kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (644kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (642kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penggunaan alat bantu seperti pemanfaatan media pembelajaran audiovisual ini menjadikan siswa lebih tertarik dan berminat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di dalam ruang multi media. Untuk itu perlu dikaji lebih lanjut mengenai efektivitas penggunaan media media pembelajaran audio-visual dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 6 Lebak Pakis Aji Jepara Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui penerapan media audio-visual pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi pokok kisah para Nabi siswa kelas IV di MI Mabdaul Huda Kedung Karang Wedung Demak Tahun Pelajaran 2018/2019 dan (2) Untuk mengetahui penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan Prestasi belajar pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi pokok kisah para Nabi siswa kelas IV di MI Mabdaul Huda Kedung Karang Wedung Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil analisis data secara kuantitatif diskriptif menunjukkan bahwa: (1) Penerapan media Audio-visual pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi pokok kisah para Nabi siswa kelas IV MI Mabdaul Huda Kedung Karang Wedung Demak Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah sangat baik atau efektif. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prestasi belajar PAI, yaitu: rata -rata kelas 73,38 pada pra siklus, kemudian meningkat menjadi 78,56 pada siklus 1, kemudian pada siklus 2 hasilnya menjadi lebih sempurna, menjadi 86,93 dan (2) Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan Prestasi belajar pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi pokok kisah para Nabi siswa kelas IV di MI Mabdaul Huda Kedung Karang Wedung Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan tingkat ketuntasan maupun perolehan ketuntasan mencapai 32% pada pra siklus, kemudian meningkat menjadi 74,19% pada siklus I, kemudian pada siklus II dilakukan perbaikan dan hasilnya menjadi lebih sempurna setelah menggunakan Media Audio-Visual secara optimal sehingga tingkat ketuntasan mencapai 100%. Kata Kunci: Prestasi belajar, Pendidikan Agama Islam, Media Audio-Visual
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 03:43 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 03:43 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2178 |
Actions (login required)
View Item |