Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SHALAT PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS NU 01 CEPIRING KENDAL TAHUN 2018/2019

Mustaghfirin, Mustaghfirin (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SHALAT PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS NU 01 CEPIRING KENDAL TAHUN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (610kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu; 1. Untuk mengetahui dan menganalisis penerapan model pembelajaran cooperative learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi shalat pada mata pelajaran fikih di MTS NU 01 Cepiring Kendal tahun ajaran 2018/2019 kelas VIII B; 2. Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B materi shalat pada mata pelajaran fikih di MTS NU 01 Cepiring Kendal tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B MTS NU 01 Cepiring Kendal tahun Ajaran 2018/2019, dengan jumlah 29 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan, yang terfokus dalam kegiatan di kelas, sehingga penelitiannya berupa Penelitian Tindakan Kelas, yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu KBM. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah desain penelitian model siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat kegiatan, meliputi; perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaan penelitian dibagi dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang didahului dengan pra siklus. Pada tahap pra siklus dengan menggunakan metode cooperative learning yang diterapkan oleh guru sebelum penelitian dilaksanakan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pada tahap pra siklus rata-rata hasil belajar adalah 71,03 dengan prosentase sebesar 44,82 %. Adapun keaktifan peserta didik adalah 45 %. Hal ini menunjukan perlu adanya penelitian tindakan agar dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Setelah dilaksanakan tahap siklus I rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 73,1 dengan ketuntasan belajar 62,06 %, sedangkan prosentase keaktifan peserta didik 65 %. Pada siklus II setelah diadakan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar sebesar 80,69 dengan ketuntasan belajar 86,2 %, sedangkan prosentase keaktifan peserta didik adalah 90 %. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan, bahwa dengan penerapan model pembelajaran “cooperative learning” dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih tentang shalat kelas VIII B MTS NU 01 Cepiring Kendal tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Dec 2019 06:19
Last Modified: 27 Dec 2019 06:19
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2156

Actions (login required)

View Item View Item