Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN HAFALAN PESERTA DIDIK MELALUI METODE LALARAN PADA PEMBELAJARAN NADZOM ALFIYYAH IBNU MALIK DI KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH MU’ALLIMAT SALAFIYAH SARIBARU KALIWUNGU KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Munawiroh, Hayati (2019) UPAYA MENINGKATKAN HAFALAN PESERTA DIDIK MELALUI METODE LALARAN PADA PEMBELAJARAN NADZOM ALFIYYAH IBNU MALIK DI KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH MU’ALLIMAT SALAFIYAH SARIBARU KALIWUNGU KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Madrasah Mu‟alimat Salafiyah di pondok pesantren ARIS Saribaru Kaliwungu Kendal adalah satuan pendidikan yang mengajarkan tentang pengetahuan agama islam yang mana alah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari oleh setiap peserta didiknya adalah Nahwu dan ilmu nahwu yang diajarkan di kelas IX Tsanawiyah adalah Alfiyyah Ibnu Malik yang isinya berupa kumpulan bait dan wajib bagi setiap peserta didik untuk bisa menghafal bait-bait tersebut sebagai syarat kenaikan kelas, KKM yang ditetapkan dalam hafalan peserta didik adalah 70. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan berupa perangkat pembelajaran, lembar observasi, lembar wawancara, lembar soal tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan dengan observasi dan tes formatif. Subjek dalam penelitian adalah siswi kelas IX MTsMS Saribaru Kaliwungu Kendal tahun pelajaran 2019-2020 yang berjumlah 38 siswi. Metode lalaran adalah kegiatan membaca dan mengulang-ngulang bait yang ada di dalam kitab dengan cara dilagukan. Penerapan metode ini untuk meningkatkan hafalan Alfiyyah Ibnu Malik. Hasil penelitian pada pembelajaran dengan menggunakan metode lalaran ini dapat meningkatkan hafalan peserta didik pada mata pelajaran Alfiyyah Ibnu Malik di kelas IX Madrasah Tsanawiyah Mu‟allimat Salafiyah Saribaru Kaliwungu Kendal dengan peningkatan presentase hasil belajar dari pra siklus dengan nilai 36% dan pada siklus I presentase nilai baik meningkat menjadi 76% dan pada siklus II presentase nilai baik mendapat 100%. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah nilai prestasi hafalan peserta didik pada pembelajaran nadzom Alfiyyah Ibnu Malik dengan menggunakan metode lalaran di kelas IX Madrasah Tsanawiyah Mu‟allimat Salafiyah Saribaru Kaliwungu Kendal tahun pelajaran 2019-2020 M. ini mengalami peningkatan pembelajaran Kata Kunci: Metode Hafalan, Media lagu-lagu, lalaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Dec 2019 04:42
Last Modified: 27 Dec 2019 04:42
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2153

Actions (login required)

View Item View Item