MUNADHIRIN, MUNADHIRIN (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE PADA SISWA KELAS VIII MTs AL WATHONIYYAH PEDURUNGAN KOTA SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (629kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah dalam skripsi ini yang pertama adalah: Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran Take and Give pada kelas VIII Semester Gasal MTs Al Wathoniyyah Pedurungan Kota Semarang?. Kedua: Bagaimanakah peningkatan hasil belajar mata pelajaran Fiqih melalui penerapan metode pembelajaran Take and Give pada siswa kelas VIII Semester Gasal MTs Al Wathoniyyah Pedurungan Kota Semarang? Dan ketiga adalah: Apakah dengan penerapan metode pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih pada siswa kelas VIII Semester Gasal MTs Al Wathoniyyah Pedurungan Kota Semarang ? Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Yaitu penelitian praktis yang dilaksanakan untuk memecahkan masalah faktual yang dihadapi guru sebagai suatu pencermatan terhadap kegiatan pengelola pembelajaran yang diterapkan di MTs Al Wathoniyyah Pedurungan Kota Semarang kelas VIII. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data awal lewat nilai semester gasal siswa, data prestasi belajar dengan tes objektif yang dilaksanakan di akhir siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan metode pembelajaran Take And Give dalam mata pelajaran Fiqih materi “Makanan dan minuman yang halal dan haram berdasarkan Al-Quran dan Hadits” siswa kelas VIII MTs Al Wathoniyyah Kota Semarang, guru telah mempersiapkan sebelumnya rencana pembelajaran yang dimodifikasi dengan alur pembelajaran Take And Give dan guru mempersiapkan alat/media kertas untuk membuat pertanyaan, sedangkan murid mengikutinya dengan senang dan tertarik sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik. (2) Hasil belajar Fiqih siswa juga mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode pembelajaran Take And Give. Hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari data awal sebesar 58 % meningkat pada siklus I sebesar 80.65 % dan pada siklus II sebesar 93.55%. dan (3) Melihat adanya peningkatan hasil belajar siswa pada point 2 (dua) maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih pada siswa kelas VIII Semester Gasal MTs Al Wathoniyyah Pedurungan Kota Semarang. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Take And Give, Pelajaran Fiqih
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 04:41 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 04:41 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2152 |
Actions (login required)
View Item |