Muhammad, Syafi’ul Adib (2019) PERAN GURU PAI DALAM PEMANFAATAN MASJID SEBAGAI SARANA BELAJAR SISWA MTS N 1 DEMAK. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (400kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (700kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Peran guru PAI adalah usaha untuk memindahkan ilmu pengetahuan yang ia miliki kepada peserta didiknya, supaya mereka lebih banyak memahami dan mengetahui ilmu pengetahuan yang lebih luas. Peranan seorang guru agama Islam selain berusaha memindahkan ilmu pengetahuan, ia juga harus menanamkan nilai nilai agama Islam kepada peserta didiknya agar mereka bisa mengaitkan dengan ajaran agama dan ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Ingin mengetahui Peran guru PAI dalam pemanfaatan masjid sebagai sarana belajar siswa MTs N 1 Demak. 2) Ingin mengetahui aktivitas dalam pemanfaatan masjid sebagai sarana belajar siswa MTs N 1 Demak. 3) Ingin mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan masjid sebagai sarana belajar siswa MTs N 1 Demak. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, penelitian ini dilakukan di MTs N 1 Demak, pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menitik beratkan sumber data informan : Kepala Madrasah, Guru PAI dan siswa untuk mengokohkan keabsahan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini adalah : 1) peran guru PAI dalam pemanfaatan masjid sebagai sarana belajar siswa MTs N 1 Demak adalah sangat penting dalam mewujudkan visi madrasah yaitu Terwujudnya anak sholeh jujur disiplin cerdas dan peduli lingkungan. 2) kemudian untuk mewujudkan visi madrasah itu dengan aktivitas dalam pemanfaatan masjid sebagai sarana belajar siswa yaitu: sholat dhuha berjamaah, sholat dhuhur berjamaah, kegiatah hari besar Islam (PHBI), dan kegiatan tahfidzul Qur‟an. 3) kemudian faktor yang mendukung dan penghambat dalam pemanfaatan masjid sebagai sarana belajar siswa. Faktor pendukungnya adalah: nyamannya kegiatan belajar dan pembelajaran yang diolakukan di masjid dengan sirkulasi udara yang baik sehingga menyejukkan, kemudian tersedianya fasilitras belajar yang menunjang kegiatan belajar yang dilakukan di masjid. kemudian faktor penghambatnya adalah: banyaknya kegiatan pembelajaran yang dimanfaatkan guru PAI di masjid terkadang berbenturan dalam artian sama -sama menggunakan masjid untuk kegiatan belajar siswa. Kemudian kurangnya motivasi siswa dalam belajar di masjid yang dilakukan guru dalam upaya pemanfaatan masjid sebagai sarana belajar siswa. Kata Kunci : Masjid, Sarana Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 07:07 |
Last Modified: | 26 Dec 2019 07:07 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2145 |
Actions (login required)
View Item |