Muhamad, Busairi (2019) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PEMBENTUKAN SANTRI YANG BERAKHLAQ KARIMAH DI MADRASAH MU’ALLIMAT SALAFIYAH PONDOK PESANTREN ARIS KALIWUNGU KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (332kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Dunia pendidikan merupakan dunia yang sarat dengan ilmu pengetahuan, untuk itu dibutuhkan figur ahli yang bertugas sebagai penyampai ilmu pengetahuan. Dalam dunia pendidikan guru-lah satu-satunya figur yang dituntut untuk semaksimal mungkin bisa mengantarkan tujuan pendidikan pada titik optimal. Oleh karena itu dalam dunia pendidikan guru menempati kedudukan yang sangat penting, karena guru merupakan orang yang terlibat langsung dengan anak didik/siswa dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan: kompetensi kepribadian guru dalam pembentukan akhlak santri di Madrasah Mu’allimat Salafiyah Pondok Pesantren ARIS Kaliwungu Kendal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru di Madrasah Mu’allimat Salafiyah Pondok Pesantren ARIS KAliwungu Kendal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapanagan (Field Research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara, (2) Observasi,(3) Dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan (1) reduksi data dan (2) penyajian data. Kesimpulan penelitian menunjukkan: Guru di Madrasah Mu’allimat Salafiyah memiliki kompetensi kepribadian yang baik. Seleksi tentang kompetensi kepribadian guru ini dimulai dari perekrutan guru oleh pengasuh yang harus memenuhi beberapa criteria, yaitu: harus berakhlak mulia, visioner bersemangat tinggi, minat menjadi pendidik, lancar dan fasih baca tulis kitab pesantren, dan memahami ilmu akhlak dan melaksanakannya. Dalam membina akhlak santri guru menggunakan metode pembiasaan dan keteladanan. Kepribadian guru Madrasah Mu’allimat Salafiyah Pondok Pesantren ARIS Kaliwungu Kendal merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam meningkatkan perilaku santri. Guru merupakan contoh ideal atau teladan yang nyata. Dalam berperilaku lebih mendasarkan perbuatannya kepada gurunya dari pada ajaran dalam kitab yang diajarkan oleh gurunya. Upaya yang dilakukan guna meningkatkan kompetensi kepribadian guru dengan diadakannya kegiatan pengkajian kitab-kitab akhlak dan tasawuf klasik serta adanya control dari pengasuh yang selalu memberikan pengawasan dan pengarahan kepada guru-guru dan santrinya langsung. Dunia pendidikan merupakan dunia yang sarat dengan ilmu pengetahuan, untuk itu dibutuhkan figur ahli yang bertugas sebagai penyampai ilmu pengetahuan. Dalam dunia pendidikan guru-lah satu-satunya figur yang dituntut untuk semaksimal mungkin bisa mengantarkan tujuan pendidikan pada titik optimal. Oleh karena itu dalam dunia pendidikan guru menempati kedudukan yang sangat penting, karena guru merupakan orang yang terlibat langsung dengan anak didik/siswa dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan: kompetensi kepribadian guru dalam pembentukan akhlak santri di Madrasah Mu’allimat Salafiyah Pondok Pesantren ARIS Kaliwungu Kendal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru di Madrasah Mu’allimat Salafiyah Pondok Pesantren ARIS KAliwungu Kendal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapanagan (Field Research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara, (2) Observasi,(3) Dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan (1) reduksi data dan (2) penyajian data. Kesimpulan penelitian menunjukkan: Guru di Madrasah Mu’allimat Salafiyah memiliki kompetensi kepribadian yang baik. Seleksi tentang kompetensi kepribadian guru ini dimulai dari perekrutan guru oleh pengasuh yang harus memenuhi beberapa criteria, yaitu: harus berakhlak mulia, visioner bersemangat tinggi, minat menjadi pendidik, lancar dan fasih baca tulis kitab pesantren, dan memahami ilmu akhlak dan melaksanakannya. Dalam membina akhlak santri guru menggunakan metode pembiasaan dan keteladanan. Kepribadian guru Madrasah Mu’allimat Salafiyah Pondok Pesantren ARIS Kaliwungu Kendal merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam meningkatkan perilaku santri. Guru merupakan contoh ideal atau teladan yang nyata. Dalam berperilaku lebih mendasarkan perbuatannya kepada gurunya dari pada ajaran dalam kitab yang diajarkan oleh gurunya. Upaya yang dilakukan guna meningkatkan kompetensi kepribadian guru dengan diadakannya kegiatan pengkajian kitab-kitab akhlak dan tasawuf klasik serta adanya control dari pengasuh yang selalu memberikan pengawasan dan pengarahan kepada guru-guru dan santrinya langsung. Kata Kunci : Kompetensi, Kepribadian, Guru, Akhlaq Karimah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 05:44 |
Last Modified: | 26 Dec 2019 05:44 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2141 |
Actions (login required)
View Item |