Diah, Eka Yuniarti (2019) STRATEGI GURU KELAS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI MI NU 16 KALIGADING BOJA. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (768kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (871kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (660kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Karakter religius dan tanggung jawab merupakan beberapa karakter yang perlu dimiliki oleh siswa terutama ditingkat Sekolah Dasar agar siswa mempunyai perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama dan mampu bertanggung jawab atas tugas dan kewajibannya. Guru kelas sebagai sosok pendidik yang mempunyai banyak waktu untuk berinteraksi dengan siswa di sekolah mempunyai peran yang besar dalam membentuk karakter siswa sehingga guru kelas harus mempunyai strategi yang baik dalam pembentukan karakter tersebut. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) konsep pembentukan karakter religius dan tanggung jawab siswa, (2) Implementasi pembentukan karakter religius dan tanggung jawab siswa (3) Strategi guru kelas dalam pembentukan karakter religius dan tanggung jawab siswa di MI NU 16 Kaligading. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) konsep pembentukan karakter religius dan tanggung jawab siswa, 2) implementasi pembentukan karakter religius dan tanggung jawab siswa, 3) strategi guru kelas dalam pembentukan karakter religus dan tanggung jawab di MI NU 16 Kaligading. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah field research. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan : 1) konsep pembentukan karakter religius dan tanggung jawab pada siswa dilakukan dengan membuat dan melaksanakan visi, misi, tujuan madrasah, program, kegiatan rutin dan pembiasaan di sekolah. Program tersebut yaitu seperti tahfidz Qur’an sebagai program unggulan, kegiatan rutin serta pembiasaan yang mencerminkan pembentukan karakter pada siswa, 2) implementasi pembentukan karakter siswa dilaksanakan dalam kegiatan -kegiatan rutin, pembiasaan di sekolah, kegiatan belajar mengajar di dalam kelas maupun kegiatan di luar jam pembelajaran seperti kegiatan ekstrakulikuler. Guru selalu membimbing, mengarahkan, memberikan tauladan kepada siswa agar siswa selalu terarah dalam berperilaku, 3) strategi guru kelas dalam pembentukan karakter religius dan tanggung jawab yaitu dengan memberi pengetahuan kepada siswa, mengintegrasikan nilai karakter dalam pembelajaran, memberi kisah tauladan yang memuat nilai karakter, melalui keteladanan guru, melalui kegiatan rutin dan pembiasaan, melalui ekstrakulikuler, memberi teguran dan hukuman, membimbing, mengarahkan dan pengawasan dari guru, komunikasi dengan orang tua dan masyarakat, serta pemberian nilai kepada siswa Kata Kunci: Strategi, Guru Kelas, Karakter, Religius, Tanggung Jawab.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 09 Dec 2019 07:38 |
Last Modified: | 09 Dec 2019 07:38 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2110 |
Actions (login required)
View Item |