Atik, Hidayanti (2019) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA TENTANG PERKEMBANGAN BIAKAN TUMBUHAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VI MI MABDAUL HUDA KEDUNG KARANG WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (903kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (431kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui penerapan metode Problem Based Learning pada mata Pelajaran IPA tentang Perkembangbiakan Tumbuhan pada pada siswa kelas VI di MI Mabdaul Huda Kedung Karang Wedung Demak Tahun Pelajaran 2018/2019, dan (2) Untuk mengetahui penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan Prestasi Belajar IPA tentang Perkembangan Biakan Tumbuhan pada siswa kelas VI di MI Mabdaul Huda Kedung Karang Wedung Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. Prestasi analisis data secara kuantitatif diskriptif menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Problem Based Learning pada mata Pelajaran IPA tentang Perkembangbiakan Tumbuhan pada pada siswa Kelas VI di MI Mabdaul Huda Kedung Karang Wedung Demak Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah sangat baik atau efektif., yaitu: rata-rata kelas 74,4 pada pra siklus, kemudian meningkat menjadi 79,4 pada siklus I, kemudian pada siklus II dilakukan perbaikan dan Prestasinya menjadi lebih sempurna setelah menggunakan Metode problem based learning secara optimal sehingga nilai rata-rata kelas menjadi 85,6 dan (2) Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan Prestasi Belajar IPA tentang Perkembangan Biakan Tumbuhan pada siswa Kelas VI di MI Mabdaul Huda Kedung Karang Wedung Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan tingkat ketuntasan maupun perolehan nilai rata-rata kelas, yaitu sebelum dilakukan penggunaan Metode problem based learning, mencapai ketuntasan hanya 56% pada pra siklus, kemudian meningkat menjadi 88% pada siklus I, kemudian pada siklus II dilakukan perbaikan dan Prestasinya menjadi lebih sempurna setelah menggunakan Metode problem based learning secara optimal sehingga tingkat ketuntasan mencapai 96%. Kata Kunci: Prestasi Belajar IPA, dan Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 09 Dec 2019 07:26 |
Last Modified: | 09 Dec 2019 07:26 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/2106 |
Actions (login required)
View Item |