ZULIYANTI, ZULIYANTI (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PESERTA DIDIK KELAS V MI MIFTAHUL FALAH JATIMULYO BONANG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (398kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran Matematika membutuhkan keaktifan siswa untuk menunjang keberhasilan belajar siswa, namun mata pelajaran Matematika khususnya materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat di kelas V MI Miftahul Falah Jatimulyo Bonang Demak, kegiatan pembelajaran masih dilakukan secara klasikal. Pembelajaran lebih ditekankan pada model yang banyak diwarnai dengan ceramah dan bersifat guru sentris. Hal ini mengakibatkan siswa kurang terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan siswa hanya duduk, diam, dengar, catat dan hafal. Proses pembelajaran yang bisa dilakukan pada pembelajaran Matematika di kelas V MI Miftahul Falah Jatimulyo Bonang Demak agar lebih aktif adalah menerapkan Pendekatan CTL. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka perumusan masalah pada penelitian ini adalah:1) Bagaimana penerapan Pendekatan CTL pada pembelajaran Matematika materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat di kelas V MI Miftahul Falah Jatimulyo Bonang Demak semester gasal tahun pelajaran 2016/2017?, 2) Adakah peningkatan hasil belajar Matematika siswa pada materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat menggunakan Pendekatan CTL di kelas V MI Miftahul Falah Jatimulyo Bonang Demak semester gasal tahun pelajaran 2016/2017? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Penilitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Pendekatan CTL pada pembelajaran Matematika materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat di kelas V MI Miftahul Falah Jatimulyo Bonang Demak semester gasal tahun pelajaran 2016/2017, dimulai dari menjelaskan materi, tanya jawab, kerja pasangan untuk merangkum dan membuat kesimpulan, diskusi kelas dan klarifikasi hasil kerja siswa oleh guru. 2) Terjadi peningkatan hasil belajar Matematika siswa pada materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat menggunakan Pendekatan CTL di kelas V MI Miftahul Falah Jatimulyo Bonang Demak semester gasal tahun pelajaran 2016/2017, hal ini bisa dilihat dari pra siklus tingkat ketuntasan 48% naik menjadi 67% pada siklus I pada siklus II sudah mencapai 90%. Peningkatan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa. hal ini bisa dilihat dari siklus I keaktifan belajar siswa pada kategori sangat baik dan baik ada 66% dan pada siklus II sudah mencapai 95%. Hasil keaktifan ini melampaui indikator yang ditentukan yaitu 85%. Kata Kunci : Peningkatan, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Pendekatan Contextual Teaching and Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 03:57 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 03:57 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1781 |
Actions (login required)
View Item |