Zulfa, Lum’atul Uyun (2019) PENGARUH KEAKTIFAN SHALAT DHUHA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA MTS MIFTAHUL KHOIROT BRANJANG UNGARAN. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (428kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan agama adalah pendidikan keimanan, yaitu usaha-usaha untuk menanamkan keimanan dihati siswa. Apa yang terbentuk dalam pikiran siswa akan mempengaruhi tingkat kepribadianya pada masa selanjutnya. Oleh karna itu, proses pendidikan agama itu penting agar siswa mempunyai perilaku keagamaan yang baik. Jika siswa memiliki perilaku keagamaan yang baik maka apapun yang ia terapkan dalam kehidupan sehari -hari akan bermanfaat bagi lingkungan. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kegiatan shalat dhuha terhadap perilaku keagamaan siswa di MTs Miftahul Khoirot Branjang Ungaran. Jenis penelitian yag dilakukan penelitian adalah field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kuantitatif, analisisnya menggunakan rumus product moment. Setelah dilakukan penelitian, maka peneliti mendapatka hasil sebagai berikut: 1) Shalat Dhuha peserta didik melalui hasil angket yang menunjukkan bahwa nilai rata-ratanya cukup, ini terlihat dari nilai rata -rata sebesar 70 yang termasuk dalam interval 67-70. Perilaku keagamaan yang diambil dari Hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak MTs Miftahul Khoirot Branjang Ungaran cukup , ini terlihat dari nilai rata-rata sebesar 81, yang termasuk dalam interval 81-86. 3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara shalat dhuha dan perilaku keagamaan siswa MTs Miftahul Khoirot Branjang Ungaran. Hal ini terbukti berdasarkan perhitungan statistik, dengan menggunakan rumus korelasi product moment yang hasilnya sebagai berikut: r tabel pada taraf signifikan 5% = 0,413, r tabel pada taraf signifikan 1% = 0.526. Berdasarkan analisis kuantitatif korelasi product moment sebesar (Rxy) = 0.746. Hasil tersebut kemudian diinterprestasikan secara sederhana da berkonsultasi pada r tabel pada taraf signifikan 1% (0.746 > 0.526) dan pada taraf signifika 5% (0.744 > 0.413). Karena nilai r hitung lebih besar dari r tabel baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% maka terdapat korelasi positif antara variabel shalat dhuha peserta didik dengan perilaku keagamaan siswa di MTs Miftahul Khoirot Branjang Ungara. Demikian hipotesis yang diajukan diterima. Kata Kunci : Keaktifan Shalat Dhuha, Perilaku Keagamaan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 04 Oct 2019 07:14 |
Last Modified: | 04 Oct 2019 07:14 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1733 |
Actions (login required)
View Item |