Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER PADA SISWA KELAS VIII SMP SEPULUH NOPEMBER 2 KOTA SEMARANG

YUDHA, YULIASONO (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER PADA SISWA KELAS VIII SMP SEPULUH NOPEMBER 2 KOTA SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran Giving Question And Getting Answer pada kelas VIII Semester II SMP Sepuluh Nopember 2 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017? dan (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar mata pelajaran PAI melalui penerapan metode pembelajaran Giving Question And Getting Answer pada siswa kelas VIII Semester II SMP Sepuluh Nopember 2 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017? Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Yaitu penelitian praktis yang dilaksanakan untuk memecahkan masalah faktual yang dihadapi guru sebagai suatu pencermatan terhadap kegiatan pengelola pembelajaran yang diterapkan di SMP Sepuluh Nopember 2 Kota Semarang kelas VIII dengan jumlah siswa 22 yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data awal lewat nilai semester gasal siswa, data prestasi belajar dengan tes objektif yang dilaksanakan di akhir siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan pembelajaran PAI menggunakan metode pembelajaran aktif Giving Question And Getting Answer materi Makanan yang Halal dan haram berjalan dengan baik, guru telah mempersiapkan sebelumnya rencana pembelajaran yang dimodifikasi dengan alur pembelajaran aktif Giving Question And Getting Answer dan guru mempersiapkan alat/media kertas potongan sejumlah siswa untuk selanjutnya siswa membuat pertanyaan dan soal yang sudah dibuat ditukar dengan siswa lain untuk masingmasing menjawabnya. Kemudian guru memanggil masing-masing kelompok satu per satu untuk maju ke depan dan membacakan jawabannya, dengan membacakan jawabanya, dengan demikian guru dapat mengetahui kemampuan penguasaan materi Makanan yang Halal dan haram siswa dan mengetahui siapa yang salah dan siapa yang benar. Murid mengikutinya dengan senang dan tertarik. sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik. Dan (2)Hasil belajar PAI siswa juga mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode pembelajaran Giving Question And Getting Answer . Hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari data awal sebesar 45.45 % meningkat pada siklus I sebesar 81.58 %,18 siswa dari 22 siswa dan pada siklus II sebesar 90.90 %, 20 siswa dari 22 siswa. Dengan demikian penerapan metode pembelajaran Giving Question And Getting Answer sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kata Kunci : Hasil Belajar, Giving Question And Getting Answer , PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 04 Oct 2019 06:56
Last Modified: 04 Oct 2019 06:56
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1731

Actions (login required)

View Item View Item