Wahid Hasyim University | Digital Repository

MODEL PERPUSTAKAAN DALAM PENERAPAN LITERASI INFORMASI UNTUK MEMPERSIAPKAN BELAJAR SEPANJANG HAYAT (LONG LIFE LEARNING) DI MADRASAH ALIYAH NU 06 CEPIRING-KENDAL

SITI, MUDZAKKIROH (2019) MODEL PERPUSTAKAAN DALAM PENERAPAN LITERASI INFORMASI UNTUK MEMPERSIAPKAN BELAJAR SEPANJANG HAYAT (LONG LIFE LEARNING) DI MADRASAH ALIYAH NU 06 CEPIRING-KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Membaca memberikan pengaruh budaya yang amat kuat terhadap perkembangan literasi peserta didik. Dari laporan hasil studi yang dilakukan Central Connecticut State University di New Britain, diperoleh informasi bahwa kemampuan literasi Indonesia berada pada peringkat 60 dari 61 negara yang disurvei. Rendahnya literasi membaca tersebut akan berpengaruh pada daya saing bangsa dalam persaingan global. Kemampuan literasi sangat penting untuk keberhasilan individu dan negara dalam tataran ekonomi berbasis pengetahuan di peraturan global pada masa depan. Hal ini memberikan penguatan bahwa kurikulum wajib baca penting untuk diterapkan dalam pendidikan di Indonesia. Manual ini diharapkan dapat memberikan fondasi dan arahan bagi perpustakaan Madrasah Aliyah NU 06 Cepiring-Kendal dalam mempersiapkan belajar sepanjang hayat (long life learning). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Perpustakaan dalam Penerapan Literasi Informasi untuk Mempersiapkan Belajar Sepanjang Hayat (Long Life Learning) di Madrasah Aliyah NU 06 Cepiring-Kendal adalah Model perpustakaan agar dapat menerapkan literasi informasi untuk mempersiapkan belajar sepanjang hayat (long life learning) di Madrasah Aliyah NU 06 Cepiring yaitu penyediaan infrastruktur, yang terdiri dari lokasi dan ruang nyaman, perabot dan peralatan lengkap, penyediaaan koleksi pustaka, kemudian ada system informasi manajemen perpustakaan sekolah. Adapun Faktor penghambat model perpustakaan agar dapat menerapkan literasi informasi untuk mempersiapkan belajar sepanjang hayat (long life learning) di Madrasah Aliyah NU 06 Cepiring yaitu siswa dan media pembelajaran. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu guru, orang tua siswa, lingkungan, dan administrasi finansial. Berdasarkan simpulan dan temuan pada model perpustakaan agar dapat menerapkan literasi informasi untuk mempersiapkan belajar sepanjang hayat (long life learning) di Madrasah Aliyah NU 06 Cepiring memiliki implikasi sebagai berikut : 1) Model pepustakaan yang bagus akan mempengaruhi minat baca siswa yang tinggi. 2) Model perpustakaan dalam penerapan literasi informasi, mempengaruhi kecerdasan intelektual siswa dalam mengusai dunia. 3) Model perpustakaan dalam mempersiapkan belajar sepanjang hayat (long life learning) membuat siswa lebih memahami arti/makna belajar yang sesungguhnya, sehingga siswa akan belajar lebih tekun lagi dalam pelajaran atau pengetahuan lainnya. Kata Kunci : Model perpustakaan, literasi informasi, belajar sepanjang hayat (long life learning)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 04 Oct 2019 04:17
Last Modified: 04 Oct 2019 04:17
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1720

Actions (login required)

View Item View Item