Mujadiyah, Aini (2019) STUDY KOMPARASI PEMIKIRAN ABDULLAH NASHIH ULWAN DAN ZAKIAH DARADJAT TENTANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK DAN RELEVANSINYA DI ERA KONTEMPORER. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (612kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (940kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Agama Islam membutuhkan pemikiran dari pakar tokoh pendidikan Islam mengenai konsep untuk menerapkannya kepada anak ketika di keluarga, sekolah, bahkan masyarakat agar si anak tumbuh menjadi pribadi yang baik, pintar dan soleh / solehah. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka fokus permasalahan yang akan diteliti adalah (1) Bagaimana konsep pendidikan agama Islam pada anak menurut Abdullah Nashih Ulwan dan Zakiah Darajat ? (2) Apa persamaan dan perbedaan konsep pendidikan agama Islam pada anak menurut Abdullah Nashih Ulwan dan Zakiah Darajat? (3) Bagaimana relevansi pemikiran pendidikan agama Islam pada anak menurut Abdullah Nashih Ulwan dan Zakiah Darajat dan Relevansi di Era Kontemporer ? Penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan library research. Sumber data primer dan sekunder adalah kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam dan buku Ilmu Pendidikan Islam Teknik pengumpulan datanya adalah dokumentasi. Pengolahan data dengan metode komparatif. Tekhnik analisis data adalah analisis isi (Conten Analysis) Hasil penelitian (1) Konsep pemikiran pendidikan agama Islam terhadap anak menurut Abdullah Nashih Ulwan dan Zakiah Darajat adalah segi materi, lingkungan, metode, dan tujuan (2) Persamaan Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dan Zakiah Daradjat pertama dari segi materi adalah pendidikan akhlak dan pendidikan sosial. Kedua dari segi lingkungan. Ketiga dari segi metode yaitu keteladanan, dan adat kebiasaan. Keempat dari segi tujuan yaitu menjadi manusia yang sesungguhnya bertakwa kepada Allah. Perbedaan dari segi materi adalah: pendidikan iman dan pembinaan iman. Ketiga Perbedaannya adalah metode, Abdullah Nashih Ulwan melegalkan hukuman, sedangankan Zakiah Darajat tidak menggunakan metode hukuman. (3) Rangkaian materi pendidikan Agama Islam pada anak yang telah dijelaskan Abdullah Nashih Ulwan dan Zakiah Darajat, pada umumnya masih relevan pada era Kontemporer. Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Anak, Era Kontemporer, A Nashih Ulwan, Zakiah Darajat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 06:03 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 06:03 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1700 |
Actions (login required)
View Item |