Muhammad, Ikhwani (2019) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST SISWA KELAS III MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH MIFTAHUL MA’ARIF SOKATENGAH BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (637kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (585kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Strategi pembelajaran aktif tipe snowball throwing merupakan stategi pembelajaran yang mendorong siswa untuk aktif dalam berfikir, mengembangkan ilmu pengetahuan serta menjadikan siswa lebih kreatif dan inovatif. Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar al-qur‟an hadist siswa kelas III Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliayah Miftahul Ma‟arif Sokatengah Bumijawa Kabupaten Tegal. Fokus dalam penelitian ini adalah mengimplementasikan strategi pembelajaran aktif tipe snowball throwing. Dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana didalamnya terdapat tahapan pembelajaran prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada prasiklus pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, sedangkan pembelajaran pada siklus I dan II menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe snowball throwing. Pada siklus I dan II terdapat langkah-langkah pembelajaran yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa untuk tahap prasiklus hasil belajar siswa cenderung rendah dengan kreteria ketuntasan maksimum (KKM) sebesar 35%. namun pada siklus I hasil belajar siswa sedikit meningkat dengan kreteria ketuntasan maksimum (KKM) sebesar 75%. Sedangkan pada tahapan siklus II hasil belajar siswa lebih meningkat dibandingkan dengan sebelumnya, yaitu dengan kreteria ketuntasan maksimum (KKM) sebesar 90%. Sedangkan untuk aktifitas belajar siswa pada tahap prasiklus cenderung masih rendah dengan kreteria ketuntasan maksimum (KKM) sebesar 55%, aktifitas belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan dengan kreteria ketuntasan maksimum (KKM) sebesar 75% dan aktifitas belajar siswa pada siklus II lebih meningkat dari sebelumnya dengan kreteria ketuntasan maksimum (KKM) sebesar 90%. Hal ini sudah sesuai dengan hasil indikator yang telah ditetapkan. Katakunci : Implementasi, Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Snowball Throwing, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 04:36 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 04:36 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1699 |
Actions (login required)
View Item |