Wahid Hasyim University | Digital Repository

PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SKI KELAS VII.A MTs FUTUHIYAH GENUK SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

LINA, ISTIA RAHAYU (2019) PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SKI KELAS VII.A MTs FUTUHIYAH GENUK SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (568kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada Praktiknya mata pelajaran SKI masih memiliki problematika yang terjadi saat pelaksanaan pembelajaran di kelas. Diantaranya adalah model yang kurang bervariasi, media yang kurang mendukung. Dalam penelitian ini penulis merumuskan masalah sebagai berikut : (1) Untuk mengetahui pemanfaatan pembelajaran media audio visual dengan menggunakann media VCD Film pada mata pelajaran SKI siswa kelas VII.A MTs Futuhiyyah Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017 (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar SKI menggunakan media VCD film kelas VII.A MTs Futuhiyyah Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017 dan (3) Untuk mengetahui pemanfaatan pembelajaran media audio visual dengan menggunakan media VCD Film dapat meningkatkan prestasi belajar SKI pada siswa VII.A MTs Futuhiyyah Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017 Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode penelitian kuantitatif dan deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan: 1). Observasi yaitu untuk mengetahui proses pembelajaran SKI di MTs Futuhiyyah Genuk. 2). Dokumentasi yaitu untuk memperoleh data yang berhubungan dengan kondisi pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran SKI berupa jadwal pembelajaran, rencana pembelajaran serta dokumen lain yang berhubungan dengan penelitian ini. 3) Tes yaitu untuk mendapatkan data akhir apakah ada perbedaan antara pembelajaran menggunakan metode ceramah dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran menggunakan VCD. kegiatan pengelola pembelajaran yang diterapkan di MTs Futuhiyyah Genuk Semarang kelas VII A dengan jumlah siswa 34 semua terdiri 17 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data awal lewat nilai SKI semeseter gasal tahun ajaran 2016/2017dan pemberian tes di setiap akhir siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran menggunakan VCD Film pada mata pelajaran SKI yang ada di MTs Futuhiyyah Kudu Genuk Semarang mampu meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 29. 35% dari data awal 53.00% siswa mengalami ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 82.35 %. Sedangkan pada siklus II, prestasi belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 8.83 % atau siswa mengalami ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 91.18%. Kata Kunci : Media Audio Visual, Hasil Belajar, Mata Pelajaran SKI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 03 Oct 2019 02:24
Last Modified: 03 Oct 2019 02:24
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1692

Actions (login required)

View Item View Item