Laela, Halimah (2019) PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER GASAL SISWA SMP ISLAM AL MADINA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER PDF.pdf Download (826kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (633kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN PDF.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Prestasi akademik peserta didik dipengaruhi oleh berbagai faktor baik faktor internal maupun eksternal. Salah satu faktor eksternal yang muncul adalah motivasi orangtua sedangkan faktor internal adalah kedisiplinan anak. Kedua faktor ini tidak dapat terpisahkan dalam sebuah proses pendidikan. Rumusan masalah penelitian ini adalah:(1)seberapa besar motivasi orang tua kepada siswa SMP Islam Al-Madina Semarang tahun pelajaran 2018/2019?,(2)seberapa besar disiplin belajar siswa SMP Islam Al-Madina Semarang tahun pelajaran 2018/2019?,(3)adakah pengaruh motivasi orang tua terhadap prestasi akademik Pendidikan Agama Islam siswa SMP Islam AlMadina Semarang tahun pelajaran 2018/2019?,(4)adakah pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi akademik Pendidikan Agama Islam siswa SMP Islam AlMadina Semarang tahun pelajaran 2018/2019?,(5)adakah pengaruh motivasi orang tua dan disiplin belajar terhadap prestasi akademik Pendidikan Agama Islam siswa SMP Islam Al-Madina Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan uji analisis menggunakan uji regresi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan(1) kuisioner,(2)observasi,(3)interview,(4)dokumetasi. Analisis yang digunakan meliputi(1) analisis pendahuluan,(2) analisis hipotesa,(3) analisis lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi orang tua siswa SMP Islam Al Madina dalam kategori baik, yaitu 76 dengan prosentase 44,28%. Disiplin belajar siswa SMP Islam Al Madina juga masuk dalam kategori baik, yaitu 79 dengan prosentase sebanyak 41,42%. Hasil uji pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi orang tua terhadap prestasi akademik PAI siswa SMP Islam Al Madina. Koefisien korelasi variabel prestasi akademik PAI dengan motivasi orang tua= 0,764, sig. (2-tailed)= 0,000 lebih kecil dari 0,05. Persamaan regresinya dapat ditulis:Y= 30,562+0,632X. Hasil uji kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar terhadap prestasi akademik PAI siswa SMP Islam Al Madina. Koefisien korelasi variabel prestasi akademik PAI dengan disiplin belajar= 0,782,sig.(2-tailed) = 0,000 lebih kecil dari 0,05. Persamaan regresinya ditulis: Y= 33,803+0,594X. Hasil uji ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi orang tua dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi akademik PAI siswa SMP Islam Al Madina. Koefisien korelasi motivasi orang tua dan disiplin belajar adalah 0,737, sig.(2-tailed)= 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hipotesis yang peneliti ajukan diterima. Persamaan regresinya dapat ditulis sebagai berikut:Y = 25,194+ 0,339X1 + 0,364X2 Kata Kunci: Motivasi Orang Tua, Disiplin Belajar, Prestasi Akademik Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 02 Oct 2019 06:52 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 06:52 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1690 |
Actions (login required)
View Item |