Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLIKASI KEGIATAN TPQ BAITUL HIDAYAH BAGI PENDIDIKAN KEAGAMAAN ANAK USIA 6-12 TAHUN DI DESA PAKIS LIMBANGAN KENDAL TAHUN 2018 (Studi Komparasi Pendidikan Keagamaan Anak Yang Mengikuti TPQ dan Tidak Mengikuti TPQ)

JUMIKO, JUMIKO (2019) IMPLIKASI KEGIATAN TPQ BAITUL HIDAYAH BAGI PENDIDIKAN KEAGAMAAN ANAK USIA 6-12 TAHUN DI DESA PAKIS LIMBANGAN KENDAL TAHUN 2018 (Studi Komparasi Pendidikan Keagamaan Anak Yang Mengikuti TPQ dan Tidak Mengikuti TPQ). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan keagamaan anak, karena mampu membentuk kepribadian yang berakhlakul karimah sehingga mereka dapat mandiri dan bermanfaat untuk kehidupan mereka ke depan. Islam sangat mementingkan pendidikan. Pendidikan yang benar dan berkualitas akan membentuk individu-individu yang beradab yang akhirnya memunculkan kehidupan sosial yang berakhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kondisi pendidikan keagamaan anak usia 6-12 Tahun di Desa Pakis Limbangan Kendal Tahun 2018, (2) Perbedaan pola keagamaan anak yang mengikuti pendidikan TPQ dan tidak mengikuti pendidikan TPQ di TPQ di Desa Pakis Limbangan Kendal Tahun 2018, (3) Implikasi kegiatan TPQ Baitul Hidayah bagi pendidikan keagamaan anak usia 6-12 tahun di Desa Pakis Limbangan Kendal Tahun 2018. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang berpola deskriptif, yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu keadaan gejala menurut apa adan ya pada saat penelitian dilakukan. Metode pengumpulan data yang di gunakan: (1) Metode Observasi menggunakan angket untuk memperoleh data keagamaan anak yang ikut pendidikan TPQ dan yang tidak ikut dalam pendidikan TPQ, (2) Metode Interview kepada responden yang tidak memahami angket dan kepada kepala TPQ Baitul Hidayah untuk mohon ijin melakukan penelitian, serta guru guna memperoleh data tentang diri anak di TPQ Baitul Hidayah, (3) Metode Dokumentasi untuk memperoleh data langsung tentang absensi guru, siswa, dan keadaan umum TPQ Baitul Hidayah Desa Pakis Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal Tahun 2018. Hasil analisa Implikasi Kegiatan TPQ Baitul Hidayah Bagi Pendidikan Keagamaan Anak Usia 6-12 Tahun Di Desa Pakis Limbangan Kendal Tahun 2018 (Studi Komparasi Pendidikan Keagamaan Anak Yang Mengikuti TPQ dan Tidak Mengikuti TPQ) menunjukan banyak sekali berbedaan dari anak-anak itu sendiri, mulai dari karakter anak, sifat dan sikap serta kebiasaan-kebiasaan diri anak akan kebutuhan agama untuk diri mereka masing-masing. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan dan kesenjangan antara anak yang mengikuti pendidikan TPQ dan yang tidak mengikuti pendidikan TPQ. Kata Kunci : Implikasi, Kegiatan TPQ, Pendidikan Keagamaan, Anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 02 Oct 2019 06:37
Last Modified: 02 Oct 2019 06:37
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1688

Actions (login required)

View Item View Item