FIKRI, DIDIK KURNIAWAN (2019) STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MTS SULTAN FATAH GAJI GUNTUR DEMAK. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (381kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) minat belajar PAI siswa dengan model pendekatan kontekstual di MTs Sultan Fatah Gaji Guntur Demak. 2) Untuk mengetahui minat belajar PAI siswa dengan pendekatan konvensional di MTs Sultan Fatah Gaji Guntur Demak. 3) Untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan minat belajar PAI siswa dengan pendekatan kontekstual dengan pendekatan konvensional di MTs Sultan Fatah Gaji Guntur Demak. Untuk menjawab menjawab pertanyaan tersebut, maka peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi. Penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner sebagai instrument penelitian guna mendapatkan data atau informasi yang dibutuhkan. Untuk melengkapi data yang dibutuhkan, dalam penelitian ini juga menggunakan metode observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan perhitungan analisis pendahulan dan analisis uji hipotesis bahwa nilai t pada tabel dengan taraf signifikansi 1% maupun 5% berdasarkan rumus perhitungan db N 1 + N 2 -2 pada data di atas bahwa N 1 = 42, N 2 = 40 maka db = 42+40-2 = 80. Di dalam derajat kebebasan (db) tidak ditemukan pada tabel maka dari itu menggunakan db terdekat yaitu (db) 60 dan (db) 120, kemudian dibagi 2 dengan (db) 60 pada taraf signifikan 5% adalah sebesar 2.000. sedangkan 1% sebesar 2,660. Kemudian (db) 120 pada taraf signifikan 5% adalah 1,980, sedangkan taraf signifikan 1% adalah 2,617 kemudian (db) 60 dan (db) 120 dijumlahkan dan dibagi 2. Jadi pada taraf signifikan 5% sebesar 1,990 (2.000 + 1,980:2) = 1,990 sedangkan untuk taraf signifikansi 1% sebesar 2,638 (2,660 + 2,617 : 2) = 2,638 atau dapat ditulis tt (5% = 1,990) < to (6,467) tt (1% = 2,638). Dengan demikian berdasarkan bukti empirik yang diperoleh di lapangan berbunyi: terdapat perbedaan minat belajar PAI di MTs Sultan Fatah Gaji Guntur Demak. Yang menggunakan pendekatan kontekstual dan pendekatan konvensional dapat “diterima” baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1%. Artinya ada perbedaan yang signifikan dengan melihat mean masing-masing pendekatan yang digunakan ( 1 X =65,48 dan 2 X = 58,25). Kata Kunci : Pendekatan Kontekstual dan Pendekatan Konvensional
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 02 Oct 2019 02:53 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 02:53 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1679 |
Actions (login required)
View Item |