Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PENJAS TEKNIK DASAR PENCAK SILAT DI MTS MAZRO’ATUL ULUM PRINGTULIS JEPARA TAHUN 2018

Agus, Setiawan (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PENJAS TEKNIK DASAR PENCAK SILAT DI MTS MAZRO’ATUL ULUM PRINGTULIS JEPARA TAHUN 2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
01 Cover.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 BAB I.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
05 Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img]
Preview
Text
06 BAB V.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 Daftar Pustaka.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kurangnya inovasi dan variasi dalam pembelajaran penjaskes khususnya dalam materi pencak silat di MTs Mazro’atul Ulum Pringtulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model permbelajaran yang layak dijadikan sebagai alternatif pembelajaran pencak silat khususnya pada siswa MTs Mazro’atul Ulum Pringtulis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Pengembangan model pembelajaran ini melalui beberapa tahapan diantaranya: pendahuluan, penentuan dan pengumpulan materi, pembuatan produk awal, evaluasi dan revisi. Setelah itu produk diuji coba kepada siswa melalui tahap uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas VII siswa MTs Mazro’atul Ulum Pringtulis. Data dikumpulkan melalui angket, dan wawancara. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran dan perbaikan produk serta data kualitatif lainnya. Data kualitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Saran-saran yang diperoleh digunakan untuk merevisi produk. Kualitas model permainan yang yang dikembangkan menurut penilaian dari ahli materi I dengan rerata skor 62 termasuk dalam kriteria “ Sangat Baik”, menurut ahli materi II dengan rerata skor 51 termasuk dalam kriteria “Baik” dan menurut ahli media dengan rerata skor 89 termasuk dalam kriteria “Sangat Baik. Menurut ahli materi I dengan rerata skor 52 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, menurut ahli materi II dengan rerata skor 44 termasuk dalam kriteria “Baik” dan menurut ahli media dengan rerata skor 34 termasuk dalam kriteria “Sangat Baik. , sedangkan untuk penilaian siswa pada uji skala kecil rerata skor pada keseluruhan penilaian siswa adalah 38.6, 30.1, 47.3 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Pada uji coba skala besar rerata skor keseluruhan penilaian siswa adalah 39.1, 30.3, 47.5 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan multimedia pembelajaran layak dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran pencak silat pada siswa Madrasah Tsanawiyah. Perlu adanya pengembangan lebih lanjut untuk menyempurnakan multimedia ini. Kata Kunci: Pengembangan Multimedia, Pembelajaran Pencak Silat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Program Studi Farmasi
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 16 Jan 2019 03:20
Last Modified: 16 Jan 2019 03:20
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1458

Actions (login required)

View Item View Item