Agus, Setiawan (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PENJAS TEKNIK DASAR PENCAK SILAT DI MTS MAZRO’ATUL ULUM PRINGTULIS JEPARA TAHUN 2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
01 Cover.pdf Download (601kB) | Preview |
|
|
Text
02 BAB I.pdf Download (158kB) | Preview |
|
Text
03 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
||
Text
04 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
||
Text
05 Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) |
||
|
Text
06 BAB V.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
07 Daftar Pustaka.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
08 Lampiran.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena kurangnya inovasi dan variasi dalam pembelajaran penjaskes khususnya dalam materi pencak silat di MTs Mazro’atul Ulum Pringtulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model permbelajaran yang layak dijadikan sebagai alternatif pembelajaran pencak silat khususnya pada siswa MTs Mazro’atul Ulum Pringtulis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Pengembangan model pembelajaran ini melalui beberapa tahapan diantaranya: pendahuluan, penentuan dan pengumpulan materi, pembuatan produk awal, evaluasi dan revisi. Setelah itu produk diuji coba kepada siswa melalui tahap uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas VII siswa MTs Mazro’atul Ulum Pringtulis. Data dikumpulkan melalui angket, dan wawancara. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran dan perbaikan produk serta data kualitatif lainnya. Data kualitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Saran-saran yang diperoleh digunakan untuk merevisi produk. Kualitas model permainan yang yang dikembangkan menurut penilaian dari ahli materi I dengan rerata skor 62 termasuk dalam kriteria “ Sangat Baik”, menurut ahli materi II dengan rerata skor 51 termasuk dalam kriteria “Baik” dan menurut ahli media dengan rerata skor 89 termasuk dalam kriteria “Sangat Baik. Menurut ahli materi I dengan rerata skor 52 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, menurut ahli materi II dengan rerata skor 44 termasuk dalam kriteria “Baik” dan menurut ahli media dengan rerata skor 34 termasuk dalam kriteria “Sangat Baik. , sedangkan untuk penilaian siswa pada uji skala kecil rerata skor pada keseluruhan penilaian siswa adalah 38.6, 30.1, 47.3 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Pada uji coba skala besar rerata skor keseluruhan penilaian siswa adalah 39.1, 30.3, 47.5 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan multimedia pembelajaran layak dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran pencak silat pada siswa Madrasah Tsanawiyah. Perlu adanya pengembangan lebih lanjut untuk menyempurnakan multimedia ini. Kata Kunci: Pengembangan Multimedia, Pembelajaran Pencak Silat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi > Program Studi Farmasi |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 16 Jan 2019 03:20 |
Last Modified: | 16 Jan 2019 03:20 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1458 |
Actions (login required)
View Item |