Aziz, Nursetiawan (2018) PENGEMBANGAN MODUL MEDIA PEMBELAJARAN PENCAK SILAT DALAM MATA PELAJARAN PENJASORKES SMA NEGERI 8 KOTA SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (128kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk model pembelajaran berupa buku media pembelajaran pencak silat, adalah model pembelajaran pada materi pencak silat dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, sesuai dengan tahapan-tahapan pengembangan yang tepat, sehingga menghasilkan model media pembelajaran yang berkualitas. Jenis Penelitian ini menggunakan metode RnD dengan teknik analisis data kuantitatif dengan sample berjumlah skla kecil 8 dan skala besar 20 yang berpenelitian di SMA Negeri 8 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Nana Syaodih Sukmadinata. 2010:164) yaitu: (1)Melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi. (2)Mengembangkan bentuk modul produk awal (3)Evaluasi para ahli dengan menggunakan 2 ahli materi dan 2 ahli media.(4) Revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil.(5)Uji lapangan dengan kelompok besar. (6)Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan. (7)Produk akhir pengembangan modul gambar tempel materi pencak silat untuk siswa SMA Negeri 8 Kota Semarang yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif, yang berupa pernyataan sangat kurang, kurang, cukup baik, baik dan sangat baik yang diubah menjadi data kuantitatif dengan skala 5 yaitu dengan penskoran dari angka 1 sampai dengan 5.Dari hasil uji coba lapangan diperoleh data yaitu, ahli Materi sebesar 4,7(Sangat Baik), ahli Media 4,40 (Sangat Baik). Hasil uji coba kelompok kecil 4,01 (Baik). Sedangkan uji coba lapangan diperoleh sebesar 4,01(Baik). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran pencak silat layak digunakan dalam pembelajaran penjasorkes kelas XI SMA Negeri 8 Kota Semarang. Diharapkan guru penjas di SMA Negeri 8 bisa menggunakan produk ini sebagai alternatif pembelajaran khususnya materi pencak silat. Kata Kunci: Pengembangan, Model Pembelajaran, Modul Media Pembelajaran Pemcak silat , Penjasorkes, Siswa SMA
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 03 Jan 2019 03:32 |
Last Modified: | 03 Jan 2019 03:32 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1387 |
Actions (login required)
View Item |