Wahid Hasyim University | Digital Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS XI MA NURUL HUDA MEDINI KECAMATAN GAJAH KABUPATEN DEMAK TAHUN 2018

Abdul, Latif (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS XI MA NURUL HUDA MEDINI KECAMATAN GAJAH KABUPATEN DEMAK TAHUN 2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pasing bawah dalam permainan bola voli melalui penerapan metode drill. Upaya meningkatkan belajar siswa pada permainan bola voli terutama pada gerakan pasing bawah. Agar lebih menarik maka diterapkan metode drill untuk mencapai nilai ketuntasan minimal (KKM). Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MA Nurul Huda Demak hanya berjumlah satu kelas saja, maka penelitian ini mengambil semua subjek yaitu siswa kelas XI MA Nurul Huda Demak yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Nurul Huda Demak yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian difokuskan pada pembelajaran penjasorkes pasing bawah bola voli dengan penerapan metode drill bola voli yang digunakan sebagai media untuk mengoptimalkan ranah gerak siswa. Teknik pengumpulan data yang diambil dengan cara melakukan pre-test (sebelum pelaksanaan pembelajaran dilakukan) dan post test (setelah pelaksanaan pembelajaran dilakukan) yang dilakukan berdasarkan suatu siklus dan didorong dengan lembar observasi untuk siswa dan guru yang meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Hasil ketuntasan belajar dapat diketahui bahwa pada pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa, dan yang tidak tuntas sebanyak 22, pada siklus I siswa yang tuntas 23 siswa dan 13 siswa tidak tuntas, siklus II siswa yang tuntas sebanyak 34 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa. Persentase ketuntasan belajardapat diketahui bahwa pada pra siklus sebesar 38.88 % sudah tuntas dan 61.12 % tidak tuntas. Pada siklus II sebesar 63.88 % sudah tuntas dan 36.12 % tidak tuntas. Pada siklus II sebesar 94.44 % tuntas dan 5.56 % tidak tuntas. Berdasarkan tahapan penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar pasing bawah dalam permainan bola voli melalui penerapan metode drill dapat meningkatkan nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Dari hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan agar siswa MA Nurul Huda Demak dapat mempraktikan tentang pembelajaran pasing bawah dalam permainan bola voli menggunakan metode drill. Kata Kunci: Peningkatan, Hasil Belajar, Pasing Bawah, Metode Drill, Bola Voli

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 14 Dec 2018 04:32
Last Modified: 14 Dec 2018 04:32
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1371

Actions (login required)

View Item View Item