Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG MOTIVASI ORANG TUA DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN 2 TEGOREJO PEGANDON KENDAL

SITI, CHOERIYAH (2018) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG MOTIVASI ORANG TUA DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN 2 TEGOREJO PEGANDON KENDAL. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
03. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)
[img] Text
04. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
05. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img]
Preview
Text
06. BAB V.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (472kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah penulis lakukan di SD Negeri 2 Tegorejo Pegandon Kendal diperoleh data bahwa prestasi belajar PAI siswa rendah. Rata-rata ketuntasan klasikal belajar siswa pada pembelajaran PAI tahun pelajaran 2016/2017 hanya berkisar 60% dari jumlah siswa, rendahnya prestasi belajar siswa dikarenakan kurang adanya motivasi dari orang tua selain itu guru kurang profesional dalam melaksanakan tugas guru sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah motivasi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri 2 Tegorejo Pegandon Kendal?. 2) Apakah kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri 2 Tegorejo Pegandon Kendal?. 3) Bagaimana pengaruh motivasi orang tua dan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 2 Tegorejo Pegandon Kendal? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 213 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil 25% dari jumlah populasi sehingga diperoleh 53,25 dibulatkan menjadi 53 siswa. Pengambilan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan analisis regresi sederhana analisis regresi dua predictor. Kesimpulan dari penelitian adalah 1) Persepsi siswa tentang motivasi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri 2 Tegorejo Pegandon Kendal. Hal ini dapat diketahui hasil SPSS dari uji t sebesar thitung = 2.721 > t tabel (0,05=53) = 2,021 dan ttabel (0,01=53) = 2,704 , sehingga ada signifikansi karena t hitung > ttabel antara kedua taraf tersebut. 2) Persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri 2 Tegorejo Pegandon Kendal. Hal ini dapat diketahui hasil perhitungan dari uji signifikan sebesar Karena t hitung = 2.719 ttabel (0,05=53) = 2,021 dan ttabel (0,01=60) = 2,704, sehingga signifikan karena thitung > ttabel . 3). Ada pengaruh positif antara persepsi siswa tentang motivasi orang tua dan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 2 Tegorejo Pegandon Kendal. Hal ini ditunjukkan hasil SPSS uji Fhitung sebesar 11.512 dengan nilai p value (sig.) sebesar 0.000 yang berada dibawah alpha 5% (0.05). Sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan positif antara persepsi siswa tentang motivasi orang tua dan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 2 Tegorejo Pegandon Kendal. Kata Kunci: Persepsi, Motivasi, orang tua, Kompetensi Pedagogik, Guru Pendidikan Agama Islam, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 05 Dec 2018 03:03
Last Modified: 05 Dec 2018 03:03
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1362

Actions (login required)

View Item View Item