SRI, KAYATI (2018) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAKAN SALAT PADA SISWA SMP NEGERI 3 BOJA KENDAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
|
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab I TESIS revisi.pdf Download (441kB) | Preview |
|
Text
bab II TESIS revisi.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) |
||
Text
bab III TESIS revisi.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
||
Text
bab IV TESIS revisi.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) |
||
|
Text
bab V TESIS revisi.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (261kB) | Preview |
Abstract
Gerakan salat pada siswa SMP Negeri 3 Boja masih belum sesuai dengan kaidah hukum Islam. Sehingga perlu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode yang memudahkan siswa untuk melaksanakan salat sesuai dengan kaidah yang benar. Permasalahan penelitian adalah implementasi metode demonstrasi dan metode role playing untuk meningkatkan kemampuan gerakan salat pada siswa SMP Negeri 3 Boja, kemampuan salat secara baik dan benar pada siswa SMP Negeri 3 Boja, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode Demonstrasi dan Role playing untuk meningkatkan kemampuan gerakan salat pada siswa SMP Negeri 3 Boja. Penelitian ini merupakan kualitatif-deskriptif, sumber data dalam penelitian ini antara lain guru, kepala sekolah, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes dan non tes. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik meliputi uji credibility (validitas internal), tranverability (validitas eksternal), dependability (reabilitas) dan konfirmability (obyektifitas). Hasil temuan ini menunjukkan bahwa siswa SMP Negeri 3 Boja mengimplementasikan metode demonstrasi dan Role Playing pada gerakan salat sesuai dengan kaidah Islam. Hasil dari implementasi metode demonstrasi dan metode Role Playing pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Boja bahwa implementasi metode demontrasi dan Role Playing sudah berjalan dengan baik, lancar dan sangat efektif dimana siswa dapat dengan cepat memahami materi dan dapat untuk mengingatnya dalam jangka waktu yang lama dan jelas, siswa mempraktekkan materi secara langsung dengan melihat model dari temannya sendiri sehingga siawa dapat memahami dengan cepat dan tepat sehingga prestasi belajar secara otomatis dapat lebih meningkat dengan baik. Evaluasi pelaksanaan metode demontrasi dan Role Playing adalah guru menyiapkan materi yang akan di demontrasikan bersama siswa agar dapat mengatasi materi yang akan di sajikan, mampu meminimalisir semua penghambat yang mungkin terjadi dalam metode ini, dengan memberi rangsangan dan memotovasi serta membuat kegiatan lebih menarik, segera memberikan evaluasi kepada siswa yang kurang lancar atau melakukan kesalahan sesuai dengan metari yang disajikan, dan harus dilakukan stimulan secara terus menerus dengan mengadakan pengulangan terhadap materi sebelumnya. Faktor penghambat metode demontrasi dan Role Plyaing diantaranya adalah keterbatasan waktu dalam penyampaian materi sebab waktu yang diperlukan memang harus cukup, kondisi psikologi siswa yang berbeda-beda dengan latar belakang yang berbeda pula, dan faktor lingkungan yang sangat besar 7 pengaruhnya terhadap perkembangan dan pergaulan siswa. Sedangkan faktor pendukung dalam pelaksdanaan metode demontrasi dan Role Playing itu diantaranya , kedisiplinan guru, tersedianya fasilitas dan media pembelajaran yang ada di sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 23 Aug 2018 07:31 |
Last Modified: | 23 Aug 2018 07:31 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1298 |
Actions (login required)
View Item |