Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP MA’ARIF NU BANYUPUTIH BATANG

Zuhrotunnisak, Zuhrotunnisak (2018) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP MA’ARIF NU BANYUPUTIH BATANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN FIK.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMP Ma‟arif NU Banyuputih Batang. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan sampel dengan teknik sample random sampling dengan persentase 40% dari 100% dengan populasi 129 responden dengan demikian maka hasil dari pada persentase 40% adalah 52 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data kedua variabel yaitu lingkungan keluarga (variabel X) dan motivasi belajar siswa (variabel Y) menggunakan metode angket. Hasil analisis data secara deskriptif menunjukkan bahwa: 1) lingkungan keluarga siswa dalam kategori sangat baik sebesar (32,69%) atau 17 anak, lingkungan keluarga siswa dalam kategori baik sebesar (38,46%) atau 20 anak, lingkungan keluarga siswa dalam kategori cukup sebesar (19,23%) atau 10 anak, lingkungan keluarga dalam kategori rendah sebesar (7,7%) atau 4 anak, lingkungan keluarga dalam kategori sangat rendah sebesar (1,92%) atau 1 anak. 2) motivasi belajar siswa dalam kategori sangat baik sebesar (28,84%) atau 15 anak, motivasi belajar siswa dalam kategori baik sebesar (50%) atau 26 anak, motivasi siswa dalam kategori cukup sebesar (11,54%) atau 6 anak, motivasi belajar siswa dalam kategori rendah sebesar (7,7%) atau 4 anak, motivasi belajar siswa dalam kategori sangat rendah sebesar (1,92%) atau 1 anak. Pengujian penelitian dengan menggunakan korelasi product moment menyatakan: “ada hubungan yang positif dan signifikan antara Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Ma‟arif NU Banyuputih Batang”. Karena koefisien korelasinya positif maka apabila lingkungan keluarga siswa baik, maka akan tinggi pula motivasi siswa dalam belajar. Hal ini berdasarkan hasil analisis yang menunjukkan “r” hitung (r xy ) sebesar 0,391 dibandingkan dengan taraf signifikan 5% = 0, 273 dan 1% = 0, 354. Dengan demikian r hitung > r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Maka terdapat hubungan signifikan antara Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Ma‟arif NU Banyuputih Batang dan hipotesis yang diajukan oleh peneliti diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Aug 2018 08:37
Last Modified: 20 Aug 2018 08:37
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1284

Actions (login required)

View Item View Item