Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH PADA MATERI SHALAT KELAS XI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI SMA KYAI AGENG GIRI GIRIKUSUMO MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Wirda, Ajmala Darojah (2018) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH PADA MATERI SHALAT KELAS XI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI SMA KYAI AGENG GIRI GIRIKUSUMO MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB 1.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesulitan dalam pemahaman konsep dan praktek sholat merupakan permasalahan yang sering dihadapi oleh guru agama, oleh karena itu diperlukan pembelajaran dengan suasana belajar aktif, yang salah satunya dengan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran fiqih materi shalat dengan menggunakan metode demonstrasi dan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran Fiqih materi shalat dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Kyai Ageng Giri Girikusumo Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Kyai Ageng Giri Girikusumo, sedangkan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih pada siswa kelas XI di SMA Kyai Ageng Giri Girikusumo Banyumeneng Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih sebelum dilaksanakan dengan menggunakan metode demonstrasi tingkat ketuntasan mencapai 21,87%. Ini berarti angka ketidaktuntasan peserta didik mencapai 78,25%. Setelah pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode demonstrasi maka prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan, ketuntasan peserta didik pada siklus I mencapai 62,5% dan setelah dilaksanakan siklus yang ke-2 ketuntasan belajar peserta didik mencapai 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Aug 2018 08:24
Last Modified: 20 Aug 2018 08:24
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1281

Actions (login required)

View Item View Item