Slamet, Romadhon (2018) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS VII MTS ROUDLOTUL MUBTADIIEN BLONDO KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (418kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Unsur penting yang perlu diaktualisasikan dalam mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya adalah keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dalam hal ini iman adalah suatu hal yang harus dimiliki oleh orang yang bertakwa, karena tidak mungkin takwa dapat eksis tanpa adanya iman dalam kalbu seseorang. Oleh karena itu iman yang benar akan melahirkan sikap takwa yang benar pula dan iman tidak dapat dipahami hanya semata-mata tema yang sekadar niyah melulu. Pendidikan agama dalam keluarga pada wali kelas di MTs Blondo bermacam-macam karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Fokus dari penelitian ini adalah (1) pendidikan agama dalam keluarga (2) Akhlak Siswa (3) Korelasi antara pendidikan agama dalam keluarga dengan Akhlak Siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan Pendidikan Agama dalam keluarga bagi siswa kelas VII MTs Roudlotul Mubtadiien Blondo kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. (2) Untuk mengetahui akhlak siswa kelas VII MTs Roudlotul Mubtadiien Blondo kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang.(3) Untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Agama dalam keluarga terhadap akhlak siswa kelas VII MTs Roudlotul Mubtadiien Blondo kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang pengumpulan datanya menggunakan beberapa metode yaitu: Metode Tes, Wawancara, Angket, dan Observasi. Penelitian kuantitatif adalah bentuk penelitian yang digunakan untuk meneliti pada populasi dan sampel tertentu. Pengumpulan data dan pe nggunaan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Pendidikan agama dalam keluarga tergolong baik sekali dengan skor rata-rata 70.8 dengan jumlah skor maksimal 80. Untuk pendidikan akhlak dalam keluarga kategori sangat baik 98% sedangkan baik 2%. (2) Skor akhlak siswa kelas VII di MTs Raoudlatul Mubtadiin Blondo tergolong baik dengan skor rata-rata 26.82 dengan skor maksimal 30. Untuk kategori baik 98% dan cukup 2%. (3) Ada korelasi antara pendidikan agama dalam keluarga terhadap perilaku siswa kelas VII di MTs Raoudlatul Mubtadiin Blondo kabupaten Magelang dalam taraf signifikan 5% dan 1% dengan bukti pada taraf signifikan 5%: r o : 0.614> rt : 0.284 dan 0.361 pada df=N-2, 50-2=48.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 07:56 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 07:56 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1274 |
Actions (login required)
View Item |