ROYAN, SURURI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS ATH THAHIRIYAH BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (587kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Untuk Mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Fiqih Kelas VII di Mts Ath Thahiriyah Banjarnegara Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk Mengetahui Keefektifan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Fiqih Kelas VII di Mts Ath Thahiriyah Banjarnegara Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan Penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara, tes dan dokumentasi. Analis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu cara anali sis yang cemderung menggunakan kata-kata untuk menjelaskan fenomena yang diamati atau data yang didapatkan. Dari hasil penelitian dapat diketahui kondisi awal penelitian, model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran fiqih masih monoton, sehingga siswa kurang aktif dan hasil belajar belum efektif. Objek penelitian ini adalah Siswa di kelas VII Mts ATh Thahiriyah Banjarnegara dengan populasi 26 Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar Fiqih kelas VII MTs Ath Thahiriyah Banjarnegara sebelum diterapkannya model STAD masih rendah dan kurang maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya rata -rata hasil belajar siswa pada awal pra penelitian tindakan nilai rata-rata hanya 70.26, yaitu hanya 8 siswa yang tuntas dari 26 siswa atau sebanyak 30.77%. setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 ada peningkatan yaitu nilai rata-rata meningkat 74.26, yaitu 11 siswa yang tuntas dari 26 siswa atau sebanyak 42.31%. dan ada peningkatan yang signifikan pada siklus 2 yaitu nilai rata-rata meningkat 83.07, yaitu 22 siswa yang tuntas dari 26 siswa atau sebanyak 84.61%. yang berarti hasil belajar ada pada kategori baik. Sehingga dari peningkatan pada siklus 2 tersebut sudah mencapai indikator keberhasilan 80%(84%>80%) dengan cukup memuaskan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 07:41 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 07:41 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1267 |
Actions (login required)
View Item |