Wahid Hasyim University | Digital Repository

KORELASI ANTARA PROFESIONALISME GURU AQIDAH AKHLAK TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM BELAJAR DI MTs DARUSSALAM KEMIRI SUBAH BATANG

Moh. Fadholi, Moh. Fadholi (2018) KORELASI ANTARA PROFESIONALISME GURU AQIDAH AKHLAK TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM BELAJAR DI MTs DARUSSALAM KEMIRI SUBAH BATANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
coverrrr.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
BAB III FADHOLI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
BAB IV FADHOLI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img]
Preview
Text
BAB V FADHOLI.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalisme guru aqidah akhlak dengan keaktifan peserta didik dalam belajar. subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa di MTs Darussalam Kemiri Subah Batang Tahun Pelajaran 2016/2017, penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan teknik simplestartified sampling dengan persentase 10% dari 100% dengan populasi 400 respoden dengan demikian maka hasil dari pada persentase 10% adalah 40 siswa, sedangkan untuk metode pengumpulan data untuk kedua variabel korelasi antara profesionalisme guru aqidah akhlak sebagai variabel X dan keaktifan peserta didik dalam belajar sebagai variabel Y dengan menggunakan metode instrument angket. Pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan uji statistik dengan menggunakan korelasi poduct moment maka hipotesis yang menyatakan: “ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru aqidah akhlak dengan keaktifan peserta dididk dalam belajar di MTs darussalam kemiri subah batang tahun pelajaran 2016/2017,pada taraf signifikansi 5% maupun 1% dapat diterima, hal ini dibuktikan bahwa dari analisis uji hipotesis diperoleh nilai r xy adalah 0,503745 dibandingkan dengan taraf signifikansi 5%, r xy = (0,503745>0,320), dari perbandingan tersebut terlihat bahwa angka r xy lebih besar angka dari “r” tabel ini berarti ada pengaruh hubungan (korelasi) yang signifikan antara kedua variabel tersebut, dan pada taraf signifikansi 1% r xy = (0,503745> 0,413), dari perbandingan tersebut terlihat bahwa angka r xy lebih besar angka dari “r” tabel ini berarti ada hubungan (korelasi) yang signifikan pula antara kedua variabel ters ebut. Dengan demikian, baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% yang menunjukan adanya angka yang lebih besar, ini artinya ada pengaruh antara profesionalisme guru aqidah akhlak dengan keaktifan peserta didik dalam belajar di MTs Darussalam Kemiri Subah Batang tahun pelajaran 2016/2017, sehingga hipotesis yang diajukan diterima, dan dapat dibuktikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat kita pahami bahwa semakin baik antra profesionalisme guru aqidah akhlak dengan keaktifan peserta didik , maka semakin tinggi motivasi siswa . Dengan hasil penelitian tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai bahan informasi masukan bagi para guru untuk bisa lebih terbuka dan membiasakan berkomunikasi bukan hanya dalam proses K.B.M tapi juga di luar kelas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Aug 2018 06:22
Last Modified: 20 Aug 2018 06:22
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1249

Actions (login required)

View Item View Item