LAILATUN, NADHIFAH (2018) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII A SMP IT INSAN CENDEKIA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
cover.pdf Download (861kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) | Preview |
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Hal ini terlihat rendahnya pretasi belajar siswa di kelas VIII A SMPIT Insan Cendekia pada pembelajaran PAI mendapatkan nilai rata-rata di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui skenario pembelajaran mata pelajaran PAI di SMP IT Insan Cendekia Semarang melalui metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan prestasi belajar PAI pada siswa kelas VIII A SMP IT Insan Cendekia Semarang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terbagi menjadi dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpalan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan observasi siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa digunakan lembar evaluasi/tes. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Insan Cendekia Semarang tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 29 siswa. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar terhadap pelajaran PAI pada siswa kelas VIII SMPIT Insan Cendekia Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari jumlah rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 75,3 dan jumlah rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,6. Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat pada siklus I dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 72% dan siklus II dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 90%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 04:55 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 04:55 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1240 |
Actions (login required)
View Item |