Iski, Ismawati (2018) SISTEM PENDIDIKAN DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL DALAM MENGATASI DEKADENSI MORAL (STUDI KASUS DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL DARUL AMANAH SUKOREJO KENDAL JAWA TENGAH). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (346kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh prestasi akademik yang rendah juga diikuti dengan dekadensi moral semakin merajalela di negeri ini, di kalangan masyarakat, dikalangan muda, bahkan termasuk para peserta didik. Beberapa tindakan negatif yang sudah menjadi hal yang biasa, seperti pembunuhan, pelecehan seksual, narkoba, tawuran antar pelajar dan masih banyak lainnya. Berangkat dari pencegahan perilaku negatif dan mengarahkan konsentrasi peserta didik kepada hal-hal yang positif, madrasah perlu melaksanakan model pendidikan boarding school atau madrasah berasrama. Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mendeskripiskan pelaksanaan sistem pendidikan boarding school di Darul Amanah Sukorejo Kendal Jawa Tengah. 2) Untuk mengetahui problematika yang dihadapi dalam pelaksanaan sistem pendidikan boarding school di Islamic Boarding School Darul Amanah Sukorejo Kendal. 3) Untuk menganalisis relevansi pelaksanaan sistem pendidikan boarding school di Islamic Boarding School Darul Amanah Sukorejo Kendal Jawa dalam mengatasi dekadensi moral siswa. Jenis penelitian lapangan ini bersifat kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian dianalisis melalui analisis data dengan tiga tahapan yaitu reduksi, data display dan Verification Data / Conclusion Drawing. Hasil penelitian menunjuukkan: 1) Pelaksanaan sistem pendidikan boarding school di Islamic Boarding School Darul Amanah Sukorejo Kendal dilakukan dengan mengintegrasikan proses, materi dan penyelenggaraan yang diaplikasikan program prestasi sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi siswa sebagai tindak lanjut pembelajaran yang diperoleh di madrasah dengan memperdalam di pondok pesantren. proses pendidikan boarding school juga diarahkan pada pelaksanaan tradisi pesantren yang mengedepankan pembentukan mahluk religius dan berakhlakul karimah. 2) Problematika yang dihadapi dalam pelaksanaan sistem pendidikan boarding school terkait santri lebih terforsir, karena padat jadwal, efeknya belajar mudah ngantuk dalam kelas, menurunnya motivasi siswa, dan kurangnya waktu istirahat dan bermain siswa. 3) Relevansi pelaksanaan sistem pendidikan boarding school di Islamic Boarding School dalam mengatasi dekadensi moral siswa terletak sistem asrama yang dikembangkan sesuai dengan tradisi pesantren dan keteladanan guru yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di asrama sehingga relevan dalam membentuk pribadi siswa yang berakhlakul karimah yang mempunyai IMTAQ dan IPTEK yang tinggi dan mampu mengatasi dekadensi moral siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 04:17 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 04:17 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1235 |
Actions (login required)
View Item |