Wahid Hasyim University | Digital Repository

STRATEGI PEMBINAAN AKHLAQUL KARIMAH SISWA DI MTS NAHDLOTUSSIBYAN WONOKETINGAL KARANGANYAR DEMAK

Ibnu, nafi’ (2018) STRATEGI PEMBINAAN AKHLAQUL KARIMAH SISWA DI MTS NAHDLOTUSSIBYAN WONOKETINGAL KARANGANYAR DEMAK. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (994kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Dunia pendidikan di lingkungan sekolah dinilai gagal dalam mengatasi degradasi moral. Akhlaqul karimah menjadi barang mewah bagi kalangan pelajar. Sekolah dinilai jauh lebih mengedepankan pendidikan yang bersifat akademik dari pada pendidikan akhlak. Sehingga yang terjadi adalah anjloknya moralitas pelajar yang di sebabkan oleh gencarnya arus globalisasi. Dengan penanaman nilai-nilai akhlaqul karimah, diharapkan mampu menjadi filter terhadap dampak yang ditimbulkan dari globalisasi. Tujuan dari peneliti ini adalah (1) menjelaskan bagaimana pelaksanaan strategi pembinaan akhlaqul karimah siswa di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak (2) Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat strategi pembinaan akhlaqul karimah siswa di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data berupa metode observasi, metode wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah analisis deskriptif. Hasil analisis dapat diketahui bahwa Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan akhlak peserta didik di mana sekolah harus memiliki strategi khusus dalam rangka pembinaan akhlaqul karimah siswa. Proses pembinaan akhlaqul karimah siswa di MTs Nahdlotussibyan ini telah berjalan dengan baik, yaitu dengan menerapkan integrasi nilai-nilai iman dan takwa dalam visi, misi, tujuan, strategi sekolah dan proses pembelajaran, integrasi nilai-nilai iman dan takwa dalam mata pelajaran non-pai, pembentukan school culture atau budaya sekolah yang mendukung peningkatan iman dan takwa, ekstrakurikuler berwawasan iman dan takwa, menjalin kerjasama antara sekolah dengan orang tua dan masyarakat. Faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi pembinaan akhlaqul karimah siswa adalah Tenaga pengajar yang berkompeten, Kerjasama antar guru satu dengan yang lainnya sangat baik, Adanya pondok pesantren di lingkungan sekolah, Lingkungan sekolah yang kondusif, Peserta didik kebanyakan lulusan dari MI. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan strategi pembinaan akhlaqul karimah siswa adalah Terbatasnya pengawasan pihak sekolah, pengaruh negative perkembangan teknologi, Pengaruh negatif pergaulan dengan siswa dari sekolah lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Aug 2018 04:04
Last Modified: 20 Aug 2018 04:04
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1233

Actions (login required)

View Item View Item